Normalkah Jika Puting Susu Saya Berwarna Hitam?

Tubuh bakal terus berubah dari masa-masa ke waktu, tidak terkecuali pun payudara Anda. Payudara dapat berubah bentuk, ukuran, dan warna. Tak jarang sejumlah orang mempunyai puting susu yang berwarna hitam. Apakah ini normal? Apa yang mengakibatkan puting susu hitam?

Apa yang mengakibatkan puting susu hitam?

Puting susu tersebut sendiri tidak dapat berubah warna, areolalah yang dapat berubah warna. Areola ialah daerah kulit di dekat puting yang berwarna gelap. Ada sejumlah hal yang dapat membuat areola dan puting susu menghitam. Kebanyakan hal penyebabnya ialah perubahan hormon tubuh.

Masa puber

Puber dapat membuat areola dan puting susu hitam sebab di ketika ini indung telur (ovarium) telah mulai menghasilkan hormon estrogen. Kadar estrogen tinggi dalam tubuh akan menciptakan payudara bertumbuh dan puting susu terangkat. Areola pun akan lebih menggelap warnanya bila dikomparasikan sebelum puber.

Menstruasi

Menjelang dan sekitar menstruasi, sejumlah wanita mengeluhkan warna putingnya agak lebih gelap dari biasanya. Lagi-lagi, evolusi hormonlah yang bertanggung jawab atas urusan ini. Ketika indung telur mencungkil sel-sel telur sekitar masa ovulasi, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh bakal meningkat.

Minum pil KB

Pil KB berisi hormon progestin, versi sintetis dari estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini menata siklus menstruasi supaya tidak terjadi kehamilan, dan teknik kerjanya serupa dengan hormon alami yang terdapat di tubuh Anda.

Ini bisa menyebabkan wilayah di selama puting menjadi lebih gelap, namun ini bakal hilang sesudah Anda berhenti minum pil KB. Di samping itu, pil KB juga dapat menyebabkan melasma, yaitu munculnya bercak cokelat atau abu-abu pada selama puting.

Kehamilan

Saat janin tumbuh di dalam rahim, payudara mulai memproduksi ASI guna bayi yang bakal lahir dengan meningkatkan lebih tidak sedikit estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon kehamilan ini menciptakan payudara jadi terasa sakit, bengkak, dan lebih sensitif. Areola pun menjadi lebih gelap.

Puting susu hitam sekitar hamil hanya mempunyai sifat sementara. Setelah kehamilan dan menyusui, warna puting susu Anda bakal kembali laksana semula.

Menyusui

Sama halnya dengan kehamilan, evolusi hormon yang menolong produksi ASI juga ingin menyebabkan evolusi warna puting susu Anda.

Di samping itu, menurut keterangan dari para ilmuwan puting susu hitam pun dapat menolong bayi yang baru bermunculan untuk mengejar puting ibu guna menyusui. Bayi yang baru bermunculan belum mempunyai penglihatan yang baik, tapi mayoritas bayi dapat memisahkan antara gelap dan terang.

Warna puting susu bakal kembali laksana sebelumnya seiring waktu, sesudah masa menyusui selesai.

Rambut di dekat puting

Beberapa wanita barangkali mempunyai rambut-rambut halus yang tumbuh di dekat puting susunya. Rambut halus ini barangkali lebih gelap dari beberapa rambut lainnya pada tubuh Anda.

Tumbuhnya rambut halus yang gelap dapat membuat puting susu tampak lebih gelap, lagipula jika rambut tumbuh dekat puting susu.

Kanker

Penyakit Paget ialah jenis kanker payudara langka yang perkembangannya dibuka di wilayah puting. Gejala mula penyakit Paget tergolong puting susu hitam, puting susu menjadi pipih, kulit selama puting mengelupas atau berkerak, dan gatal serta kesemutan di dekat puting.

Umumnya, penyakit ini dapat terjadi pada seluruh orang sesudah pubertas. Namun, ini lebih tidak jarang terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Jika kita mempunyai tanda atau fenomena tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Diabetes

Puting susu hitam dapat jadi kemungkinan fenomena diabetes, sebagai respon tubuh terhadap resistensi insulin. Perubahan warna kulit ini secara khusus dinamakan acanthosis nigricans, dan tidak jarang terjadi di lipatan kulit selama ketiak, selangkangan, leher, dan anggota badan. Areola bisa menjadi lebih gelap dan menyusun luka atau plak.

Tidak terdapat perawatan eksklusif untuk fenomena ini. Namun, mengawal kadar gula darah tetap normal dapat menolong kulit Anda pulang ke warna dan tekstur yang normal.

Normalkah Jika Puting Susu Saya Berwarna Hitam?