Cara Menentukan Lokasi Strategis guna Berjualan

Lokasi, tempat dan lokasi. Kalimat tersebut kerap dibacakan para pebisnis dalam menilai tempat dalam membuka usaha. Ya, tempat memang paling menilai laris atau tidaknya dalam berusaha.

CEO Sunpride Martin M Widjaya mengatakan, menilai tempat adalahbagian dari strategi mengembangkan bisnis. Bagi itu, pelaku usaha mesti jeli menyaksikan potensi tempat yang bakal ramai dikunjungi pembeli.

Menurutnya, ada sejumlah hal yang butuh dihindari dalam menilai tempat usaha. Dia mencontohkan tempat tepat guna berjualan buah.

1. Hindari Jalan dengan Kendaraan Mengebut

Dia menyarankan, tidak memilih tempat toko di pinggir jalan di mana kendaraan yang melintas melaju dengan kencang.

"Dagangan akan susah laku. Sebab, pembeli tidak dapat menghentikan kendaraannya dalam sekejab andai melaju kencang," ujar Martin.

2. Lihat tempat di mana Kendaraan Kerap Berhenti

Martin mengungkapkan, pilih tempat di mana tidak sedikit pengendara yang dapat berhenti atau parkir. Lokasi itu berpotensi orang menyaksikan di sekeliling lokasi.

"Kalau dia penasaran kan, ada peluang dia bakal datang dan keesokannya dapat beli. Penjual tersebut perlu masa-masa untuk mengoleksi pelanggan. Jadi biarkan pelanggan mengenal dulu produk dan tempat yang kita jual," tuturnya.

3. Berjualan dengan Berpindah-pindah

Memiliki toko yang dapat berpindah-pindah lokasi seperti memakai kendaraan roda tiga, kata Martin, pun sangat menjanjikan guna meraup penghasilan yang berlipat ganda.

"Retailer kami terdapat yang punya motor roda tiga, sampai-sampai dia dapat ke tiga-empat lokasi. Misalnya, jualan di depan sekolah di ketika ramai di pagi hari. Siangnya pindah lagi ke dekat pasar. Lalu pasarnya telah sepi selama pukul 10.00 pagi, dia lantas pindah lagi ke sekolahan di jam kembali sekolah, sampai-sampai omsetnya sehari dia dapat 2-3 kali lipat," sambung Martin.

Martin menyimpulkan, tidak sedikit trik memilih tempat yang bisa menilai kesuksesan suatu usaha. Hal itu dapat dicapai dengan terus mengupayakan dan belajar dari empiris dalam menggeluti bisnis.

Cara Menentukan Lokasi Strategis guna Berjualan