Hobi Olahraga Outdoor? Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Dengan 5 Kiat Ini!

Olahraga yang dilaksanakan secara outdoor bakal meningkatkan bisa jadi kulit terbakar sinar matahari bila tidak disertai dengan persiapan khusus. Tapi, bukan berarti Anda mesti menghindari penyampaian sinar matahari. Sebab pada dasarnya sinar matahari memberikan tidak sedikit manfaat baik untuk tubuh Anda. Lantas, persiapan apa saja yang mesti dilakukan? Contek tipsnya disini.

Mencegah kulit terbakar sinar matahari ketika berolahraga di luar ruang

1. Pakai tabir surya

Olahraga di luar ruangan memang dapat membuat benak lebih segar. Akan tetapi, kulit kita rentan terbakar matahari. Sinar matahari sebetulnya bermanfaat untuk kulit dan tubuh secara keseluruhan.

Namun, penyampaian sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit terlihat kemerahan laksana terbakar. Tentu kita tidak hendak hal ini terjadi, bukan? Maka itu, usahakan guna selalu menggunakan tabir surya khusus guna wajah dan tubuh sebelum olahraga di luar ruangan.

Ada sejumlah kiat-kiat urgen yang mesti Anda simaklah saat memakai tabir surya:

  • Pastikan kita membalurkan tabir surya ke semua bagian tubuh Anda, tergolong telinga, unsur atas kaki, serta punggung kaki.
  • Gunakan tabir surya dengan kandungan paling tidak 30 SPF dengan perlindungan Broad Spectrum, yang berarti dapat melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB.
  • Gunakan tabir surya 15-20 menit sebelum kita mulai berolahraga outdoor, agar tabir surya meresap dengan baik ke dalam kulit.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa pada tabir surya sebelum digunakan.


2. Lindungi kulit dengan pakaian yang tepat

Agar tidak gerah, Anda barangkali memilih pakaian olahraga yang tersingkap di pagi sampai sore hari. Akan tetapi, lebih baik kita memilih pakaian yang dapat melindungi kulit.

Menggunakan kacamata hitam, kaus lengan panjang, dan celana olahraga panjang dapat jadi solusinya. Jangan lupa pun untuk memilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Memang perlu waktu untuk membudayakan diri. Namun, sekitar Anda memilih pakaian olahraga yang tepat, berolahraga di luar ruangan dengan pakaian tertutup tak jadi masalah lagi.

3. Hindari berolahraga ketika matahari bercahaya terik

Berdasarkan keterangan dari Fayne Frey, seorang dokter kulit sekaligus pendiri FryFace, tidak boleh berolahraga di ketika posisi matahari berada tepat di atas kepala. Sebagai gantinya, Anda dapat berolahraga di pagi hari atau bahkan pada senja hari ketika sinar matahari telah tidak terlampau kuat.

4. Cari lokasi yang teduh

Saat matahari terik, terdapat baiknya kita berolahraga di lokasi yang teduh, tidak sedikit pepohonan. Misalnya kita olahraga lari atau bersepeda, pilih lintasan yang rindang dan tidak sedikit pepohonan. Kalau Anda inginkan berenang, cari empang renang yang dikelilingi bangunan tinggi yang dapat membantu merintangi sinar matahari.

5. Oles lagi tabir surya masing-masing dua jam sekali

Penggunan tabir surya sebelum mengawali olahraga di luar ruangan saja tidak lumayan jika kegiatan dilaksanakan dalam masa-masa yang lama. Terlebih sekitar olahraga tubuh bakal mengeluarkan tidak sedikit keringat yang dapat melunturkan perlindungan tabir surya secara perlahan.

Maka itu, Anda dianjurkan untuk membawa botol tabir surya ukuran kecil atau pindahkan tabir surya kita ke botol yang kecil. Kemudian oleskan lagi masing-masing dua jam sekali atau ketika tabir surya di kulit terasa mulai memudar dampak keringat.

Bukan berarti Anda jangan kena sinar matahari sama sekali
Beberapa tips di atas hanyalah sebagai upaya guna mengurangi bisa jadi kulit terbakar sinar matahari. Akan tetapi, sebetulnya sinar matahari memberikan tidak sedikit kebaikan untuk tubuh Anda. Jadi bukan berarti sinar matahari tersebut jahat untuk tubuh.

Dilansir dari laman WebMD, tim berpengalaman dari Stanford University mengaku bahwa sinar matahari dapat memicu pembentukan vitamin D dalam tubuh. Hal ini akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk mengayomi dan memperbaiki kehancuran pada kulit. Penelitian lainnya pun menemukan bahwa kelemahan vitamin D dapat meningkatkan risiko terserang kanker kulit.

Hobi Olahraga Outdoor? Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Dengan 5 Kiat Ini!