Ini Sebabnya Banyak Mobil Pikap Tak Pakai AC

PT Isuzu Astra Motor Indonesia telah menawarkan mobil pikap terbau Traga yang diperuntukan semua pengusaha. Berbagai keunggulan diklaim akan mampu memenuhi keperluan para pengusaha. Tapi kok tidak terdapat Air Conditioner alias AC di pikap ini ya?

"Kenapa tidak gunakan AC? Kita belajar dari model beda (pikap pesaing yang pun tidak menawarkan AC-Red)," ujar Product Marketing Dept Head, Beny Dwyanto, di Bogor.

Beny menambahkan, AC bukan peranti urgen untuk semua pengusaha dan semua sopir yang masing-masing harinya berkendara memakai mobil pikap.

"Mereka paling peduli dengan cost operationalnya, saat memakai AC itu dapat membuat mesin lebih boros," kata Beny.

Hal itulah yang menjadi dalil mengapa Isuzu pikap Traga tidak menawarkan AC pada masing-masing unitnya. Namun walau demikian, Tonton eko selaku Product Development Division Head, menyadari bahwa AC adalahperanti yang pun dirasa sangat urgen pada masa mendatang.

"Tanpa AC, yang biasa menolaknya tersebut owner-nya, tapi anda sadar ke depannya AC tersebut akan menjadi standar. Dan kita telah siapkan blower, ketika konsumen hendak AC dapat beli (menambahkan AC sendiri-Red)," katanya.

Isuzu Traga dalam perkabaran sebelumnya mempunyai konten lokal hingga 51 persen serta seratus persen dirakit di Indonesia, mobil memakai mesin legendaris Isuzu 4JA1-L berkapasitas 2,500cc Diesel Direct Injection. Sudah power stearing dan didukung oleh sistem transmisi 5 percepatan Traga dianggap sangat perkasa di situasi jalanan yang rata maupun menanjak.

Berkat dapur pacunya, mobil sayur ini memiiki tenaga maksimum sampai 80 PS di 3,500 rpm dan torsi puncak 19,5 Kgm pada 1,800 rpm. Berat totalnya, hingga 2,950 kg.

Untuk dimensinya, Traga dianggap punya muatan yang paling lega. Panjang bak unsur dalamnya 2,810 mm dan lebar 1,620 mm dengan tinggi 300. Maka, panjang totalnya ialah 4,520, lebar 1,705, dan tinggi 1,980. Memiliki wheelbase 2,250, radius putar mobil ialah 4,5 m.

Ini Sebabnya Banyak Mobil Pikap Tak Pakai AC