Panduan Perawatan Mata Setelah Operasi LASIK

LASIK ialah prosedur bedah mata dengan teknologi laser untuk membetulkan penglihatan orang yang rabun jauh, rabun dekat, atau silinder. Meski kemanjurannya tidak butuh diragukan lagi, LASIK lumayan berisiko memunculkan komplikasi laksana pandangan kabur sementara, mata kering, peradangan, terbit air mata berlebihan, infeksi, sampai kerusakan saraf kornea. Bagi mencegah sekian banyak  komplikasi tersebut, Anda mesti tahu teknik yang tepat mengasuh mata sesudah LASIK.


Tips mengasuh kesehatan mata sesudah LASIK

Dokter bakal meresepkan obat-obatan laksana antibiotik, tetes mata steroid, dan air mata produksi yang mesti Anda pakai untuk mempercepat pemulihan sekaligus menghindari risiko komplikasi sesudah LASIK.

Anda dianjurkan untuk mengistirahatkan mata atau langsung tidur sesudah LASIK. Dokter pun mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan penutup mata ketika tidur supaya menangkal trauma pada mata yang dapat diakibatkan oleh gerakan yang tidak disadari. Misalnya mengucek mata ketika tidur.

Sementara sekitar beraktivitas di siang hari, terutama andai Anda lebih tidak sedikit di luar ruangan, Anda dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam guna mengayomi mata dari penyampaian sinar matahari, debu, dan angin.

Di samping itu, Anda pun harus kontrol pulang ke dokter yang dilaksanakan satu hari, satu minggu, satu bulan dan setahun pasca operasi guna mengevaluasi hasil operasi dan memantau andai terjadi komplikasi.

Yang tidak boleh dilaksanakan setelah LASIK

Ada sejumlah larangan sesudah LASIK yang mesti benar-benar kita perhatikan supaya hasil operasi optimal dan supaya terhindar dari risiko bisa jadi komplikasi. Antara lain:

1. Menggosok atau mengucek mata

Hingga 12 jam sesudah LASIK, mata kita terasa akan tidak banyak gatal memerah atau terasa laksana ada butiran pasir yang mengganjal. Namun, mata yang gatal tidak boleh digosok atau dikucek. Hal ini bisa merusak hasil operasi.

Mengucek mata tidak diizinkan sampai tidak cukup lebih 3 minggu sesudah operasi.

2. Pakai sampo dan sabun muka

Selama tidak cukup lebih seminggu sesudah menjalani LASIK. Anda bakal diminta guna menghindari menggunakan sampo dan sabun muka. Larangan ini bertujuan guna menghindari bahan-bahan kimia dari produk itu masuk ke mata dan mengiritasi kornea lebih lanjut.

Tanyakan lebih lanjut pada dokter bagaimana teknik meminimalisir risiko mata kemasukan sampo andai Anda hendak keramas.

3. Pakai kosmetik, khususnya di wilayah mata

Seperti halnya sampo dan sabun muka, kosmetik juga dianjurkan untuk dihindari khususnya di wilayah mata paling tidak sekitar dua hari sesudah operasi. Kosmetik berisi butiran-butiran halus yang bisa masuk dan mengiritasi lapisan mata dan pun dapat menambah risiko komplikasi infeksi.

4. Mengemudi kendaraan

Kondisi mata sesudah LASIK belum sepenuhnya pulang normal. Anda barangkali akan menikmati sedikit lebih sensitif terhadap cahaya. Oleh sebab itu, usahakan hindari dulu mengemudi jarak jauh guna 2 hari sesudah operasi.

Berkendara jarak dekat boleh saja, asalkan kita tetap menggunakan kacamata hitam khususnya pada siang hari.

5. Berenang dan naik pesawat

Di samping berisi klorin dan zat kimia lainnya yang dapat mengiritasi mata, air empang renang tidak sedikit yang ternoda bakteri penyebab infeksi pada mata yang belum pulih. Sauna dan berendam air panas pun dilarang.

Sementara itu, naik pesawat dapat mengakibatkan peningkatan desakan pada bola mata dan menciptakan mata lelah sampai-sampai memperlambat pengobatan pascaoperasi. kita baru boleh bepergian dengan pesawat minimal lima hari sesudah LASIK.

Panduan Perawatan Mata Setelah Operasi LASIK