Pengaruh Klep Mesin Bocor Tidak Di Skir

Kebocoran klep mesin - seiring bertambahnya masa pakai kendaraan, tentu akan timbul tanda-tanda gejala kerusakan mulai dari kerusakan kecil sampai besar. Dan salah satu kerusakan yang jarang terjadi namun niscaya ialah terjadinya kebocoran pada kompresi mesin, entah itu adanya kebocoran pada cuilan klep intake maupun exhaust, maupun keausan pada ring piston yang menjadikan kompresi mesin berkurang, balasannya ialah tenaga mesin menjadi kurang maksimal dan boros pemakaian materi bakar.


Untuk mengetahui adanya kebocoran kompresi mesin, biasanya bengkel kendaraan beroda empat maupun motor memakai sebuah alat yang berjulukan compression gauge / compression tester alias alat ukur kompresi. Pengukuran dilakukan dan dicocokkan sesuai dengan standar kompresi pada jenis kendaraan beroda empat / motor yang sedang di tes, jikalau ternyata diketahui mesin mengalami kebocoran kompresi, langkah selanjutnya ialah dengan melepas cylinder head guna mengusut penyebab kebocoran.

Biasanya kebocoran kompresi ini terjadi akhir klep intake maupun exhaust yang sudah tidak presisi lagi, entah itu alasannya ialah terganjal kerak dari sisa proses pembakaran, maupun adanya kerusakan lain contohnya klep aus yang perlu dilakukan penggantian klep baru. Biasanya pada tahap ini akan dilakukan skir klep yang bertujuan biar klep klep tadi presisi dengan dudukannya sehingga tidak terjadi kebocoran.

Dengan melaksanakan skir klep ini, kompresi mesin menjadi normal kembali dan tarikan mesin pun menjadi ringan dan penggunaan materi bakar menjadi hemat sebagaimana awal mulanya. Lalu bagaimana jadinya jikalau klep yang bocor tadi tidak di skir ?

Efek klep mesin bocor dan tidak di skir

Klep yang telah diketahui mengalami kebocoran dan tidak segera dilakukan skir, maka sudah niscaya kebocoran kompresi diruang mesing akan tetap berlangsung. Jika kompresi mesin bocor ibarat ini, maka dikala proses pembakaran terjadi, tendangan tenaga mesin menjadi lemah. Hasilnya tenaga mesin pun menjadi kurang yang sering di istilahkan dengan tarikan mesin kurang. Kurangnya tarikan mesin ini niscaya akan menciptakan anda menginjak pedal gas lebih dalam lagi, namun sekali lagi tetap tenaga yang dihasilkan masih kurang akhir kompresi mesin yang bocor, hasilnya pun sudah niscaya pemakaian materi bakar menjadi sangat boros.

Selain itu adanya kebocoran pada kompresi mesin akan menciptakan proses pembakaran tidak sempurna, hal ini dikarenakan adonan antara materi bakar dan udara menjadi tidak seimbang didalam ruang bakar. Busi pun ikut rusak akhir tergenang materi bakar, usang kelamaan mesin kendaraan jadi susah untuk di nyalakan.

Nah bila ada diantara kalian yang mengalami kebocoran kompresi pada mesin dan disarankan untuk dilakukan skir klep oleh pihak bengkel, sebaiknya anda turuti saja biar kendaraan beroda empat yummy digeber dan materi bakar pun hemat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share artikelnya. Salam otomotif.

Pengaruh Klep Mesin Bocor Tidak Di Skir