Mengenal Lebih Jauh tentang Manuka Honey


Manuka honey atau madu manuka merupakan jenis madu yang saat ini populer di kalangan masyarakat Indonesia. Madu manuka dihasilkan oleh lebah dari bunga tanaman manuka yang banyak dijumpai di Australia dan Selandia Baru. Produk madu manuka ini memiliki keistimewaan yang membuatnya berbeda dengan produk madu yang biasa kita temukan di pasaran. 

Salah satu keistimewaan madu manuka terletak pada nutrisi yang terkandung di dalamnya. Madu manuka memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih kompleks dari madu biasa. Seperti kita ketahui bahwa madu biasa memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada madu biasa bisa ditemukan 4 kali lipat lebih banyak di dalam madu manuka. 

Madu manuka diketahui memiliki kandungan enzim yang konsentrasinya lebih tinggi daripada jenis madu yang biasa. Dari banyaknya kandungan dalam madu manuka, ada tiga kandungan yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit yaitu methylglyoxal, hidrogen peroxida, dan dihydroxyacetone. 

Unique Manuka Factor

Keunikan dan keistimewaan dalam madu manuka disebut sebagai Unique Manuka Factor atau UMF. UMF merupakan standar global yang digunakan untuk mengukur daya antibakteri yang terdapat dalam madu manuka. UMF juga digunakan untuk memastikan bahwa madu manuka memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua madu manuka memiliki UMF. UMF manuka memiliki kandungan hidrogen peroksida yang alami. Hidrogen peroksida yang terdapat dalam UMF manuka ini bersifat lebih stabil jika dibandingkan dengan madu manuka lainnya. Selain itu, hidrogen peroksida di UMF manuka juga tidak mudah rusak baik karena panas maupun karena kerja enzim dalam tubuh. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa anda disarankan untuk mengonsumsi UMF manuka yang kandungannya lebih bisa membantu menjaga kesehatan anda. Namun, anda tidak bisa sembarangan menemukan madu UMF manuka. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan membeli madu UMF manuka. 

Madu UMF Manuka Asli

Manuka honey biasa minimal harus memiliki rating UMF5. Namun untuk madu UMF manuka, rating kandungan antibakteri yang dimiliki minimal harus UMF10. Dalam kadar UMF10 hingga UMF15, madu manuka dikatakan memiliki manfaat yang sangat tinggi. Sementara itu jika kadar UMF16 atau lebih maka madu dikatakan memiliki kualitas superior. 

Bagaimana caranya anda bisa menemukan UMF manuka yang asli? Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan salah satu cara termudah untuk mendapatkan UMF manuka asli adalah dengan melihat label pada kemasan. Madu UMF manuka yang asli dikemas dengan label yang menunjukkan UMF. 

Selain melihat label UMF, di dalam kemasan tersebut anda juga bisa melihat berapa rating UMF yang dimliki oleh produk madu yang akan anda beli. Selain itu, pastikan juga ada nama perusahaan serta nomor lisensi pada label madu UMF manuka. 

Konsumsi Madu Manuka

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari madu manuka, maka anda perlu mengongsumsi madu ini dengan cara yang tepat. Anda bisa mengonsumsi madu manuka setiap hari sebanyak satu hingga dua sendok makan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa menambahkan madu dalam minuman atau makanan favorit anda agar terasa lebih nikmat. 

Itulah tadi beberapa informasi seputar madu manuka atau manuka honey yang bisa bermanfaat untuk kesehatan anda. Pastikan anda cermat dalam memilih sehingga tidak mendapat madu manuka yang palsu. Gunakan madu manuka sebagai senjata untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan gangguan lainnya.

Mengenal Lebih Jauh tentang Manuka Honey