Motor Vixion : Ingin Motor Selalu Awet dan Prima? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini


Kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Inilah salah satu alasan mengapa informasi harga motor Vixion banyak dicari. Sayangnya, ketika sudah memiliki motor masih banyak juga yang lalai memperhatikan motor karena kesibukannya. Jika Anda salah satunya, maka luangkan sedikit waktu untuk merawat sepeda motor, agar tidak sampai rusak dan membutuhkan banyak biaya untuk memperbaikinya. 

Cara merawat motor agar tetap prima 

Jika Anda ingin sepeda motor lebih awet mesinnya dan tidak banyak mengeluarkan dana untuk perawatan, ini dia beberapa tips merawatnya : 

Perawatan untuk sepeda motor baru 

Jika Anda memiliki motor Vixion  baru, lebih baik jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal hingga 500 KM. Karena oli masih bercampur lebih cepat dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin. Anda bisa mencoba untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil. Misalnya dari pelan hingga kecepatan maksimal, agar mesin motor tahan untuk jangka panjang. 

Anda juga bisa memanfaatkan perawatan yang diberikan oleh dealer tempat di mana Anda membeli sepeda motor. Biasanya akan diberikan gratis servis dan ganti oli 3 kali jalan. Pertama, pada KM 500, kedua pada KM 1000, dan yang terakhir pada KM 2000. Itu berfungsi untuk menjaga usia mesin dalam jangka panjang. 

Belum tentu motor yang baru tidak mempunyai kekurangan sama sekali ketika masa perakitan, maka dari itu dibutuhkan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk melihat adakah kemungkinan kesalahan. 

Nah, jika motor Anda adalah sepeda motor bermesin 4 langkah, Anda bisa menuangkan sedikit oli ke dalam lubang knalpot. Hal ini bertujuan agar knalpot orisinil motor lebih awet dan tidak mudah keropos. 

Perawatan berkala 

Selanjutnya yaitu perawatan berkala (tune up). Ini perlu untuk dilakukan agar Anda mengetahui adanya beberapa komponen yang tergores ataupun aus. Setelan mesin bisa berubah karena adanya keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin motor Vixion Anda. Maka dari itu penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi perlu untuk dilakukan. 

Debu-debu dan kotoran yang terhisap ke dalam karburator dan mengendap dapat mempengaruhi kinerja mesin, ini bisa dibersihkan ketika tune up. 

Untuk jadwa ideal tune up, Anda bisa melakukannya setiap 2 bulan sekali atau ketika kilometer sudah mencapai 2000 KM perjalanan. Tetapi, jika Anda merasa sepeda motor sudah terasa tidak seperti biasa, maka segera lakukan tune up ke bengkel resmi. 

Mengganti oli 

Standar kekentalan oli yang dipakai oleh banyak kendaraan yaitu SAE (Society of Automotive Engineer). Namun, saat ini kebanyakan oli yang dijual sudah memenuhi standar untuk iklim di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi mendapatkan oli yang salah untuk motor kesayangan. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah kapan saat tepat untuk mengganti oli. Hal ini biasanya sudah tersedia pada bungkus oli yang Anda beli. Karena mengganti oli ketika melebihi batas kilometer pemakaian dapat berakibat tidak baik untuk motor. Oli yang sudah melewati batas juga akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka dari itu, gantilah oli setiap 2000 KM atau ketika Anda melakukan perawatan berkala. 

Disiplin mengganti oli motor dan berpatokan dengan batas kilometer pemakaian oli, bisa membuat motor Anda selalu prima. 

Itu dia beberapa cara untuk selalu menjaga motor agar tetap prima dan awet. Namun, jika Anda mungkin membutuhkan motor baru, tidak ada salahnya untuk mengecek harga-harga motor yang ada di pasaran, salah satunya harga motor Vixion. Penampilan Anda akan semakin menarik dengan motor jenis sport tersebut.

Motor Vixion : Ingin Motor Selalu Awet dan Prima? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini