Manfaat Mandi dengan Air Hangat


Setelah lelah sebab seharian bekerja, mandi dengan air hangat menjadi salah satu teknik terbaik guna melepas lelah. Banyak orang yang memilih guna berdiri di bawah pancuran air hangat supaya lebih rileks, namun ada pula orang-orang yang gemar berendam air hangat dengan gabungan minyak esensial seraya membaca kitab dan menikmati buaian musik. 

Sejak dulu, mandi dengan air hangat diandalkan menjadi di antara terapi yang dapat menciptakan tubuh lebih segar sekaligus menghilangkan pegal. Apakah Anda tergolong orang yang gemar mandi air hangat?

Jika iya, inilah tujuh guna mandi air hangat yang patut kita ketahui seperti dikutip Health Voyager:

1. Meredakan stres

Mandi air hangat dapat menjadi obat ampuh guna meredakan stres sesudah beraktivitas seharian. Air hangat berfungsi untuk menambah level hormon oksitosin yang dapat membuat keadaan hati lebih baik serta menurunkan kadar stres. Tak terdapat salahnya mandi dengan sabun kesayangan Anda seraya menggosok unsur tubuh secara perlahan. Cobalah pejamkan mata sambil merasakan air hangat yang mengairi sekujur badan Anda.

2. Menghilangkan bakteri tubuh

Bakteri yang hinggap di dalam tubuh tidak bakal tahan dengan temperatur air hangat. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mandi air hangat andai tubuh terasa gatal atau iritasi. Mandi air hangat pun baik dilaksanakan jika tubuh sedang terluka sebab sirkulasi darah di lokasi yang terluka menjadi lebih fasih sehingga proses penyembuhan dapat lebih cepat.

3. Meredakan rasa pegal 

Bila tubuh kita terasa pegal dan otot terasa kencang, usahakanlah untuk mandi air hangat. Metode ini diandalkan mampu menghilangkan pegal-pegal serta melenturkan otot yang kaku sekaligus menolong melancarkan peredaran darah. Sama halnya andai Anda merasakan sakit kepala atau migrain, tak terdapat salahnya mandi air hangat guna melancarkan desakan darah di unsur kepala.

4. Menurunkan desakan darah

Anda tidak jarang bermasalah dengan desakan darah tinggi? Maka, mandi air hangat mesti menjadi di antara ritual wajib untuk Anda. Air hangat diandalkan mampu menurunkan desakan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

5. Pemanasan tubuh sebelum berolahraga

Salah satu teknik yang dapat dilakukan ketika pemanasan sebelum mulai berolahraga ialah mandi dengan air hangat. Biarkan otot-otot tubuh meregang dengan sendirinya sampai-sampai Anda tidak merasakan keram otot saat berolahraga.

6. Membuat istirahat lebih nyenyak

Mandi air hangat pun membantu kita yang mengalami kendala tidur di malam hari. Cobalah mandi air hangat selama 30 menit sebelum tidur. Setelah itu, pakai body lotion dengan wewangian yang menenangkan supaya tidur kita lebih lelap dan berkualitas.

7. Membersihkan kulit wajah dari saldo kotoran

Tak melulu untuk tubuh, air hangat juga berfungsi untuk mencuci wajah dari sisa-sisa kotoran yang menyumbat di pori-pori. Air hangat bakal membuka pori-pori wajah dan menciptakan Anda lebih gampang dalam mencuci wajah. Setelah itu, bilas dengan air dingin untuk memblokir pori-pori supaya wajah lebih kencang dan terasa segar.

Manfaat Mandi dengan Air Hangat