Kiat Hemat Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah


Memilih material bangunan ialah faktor yang paling penting saat Anda bakal memutuskan membina rumah sendiri. Tak tidak banyak orang yang darurat menghentikan pembangunan rumahnya melulu karena mahalnya harga material-material bangunan. Tentu kita tidak hendak mengalami permasalahan yang sama. Di samping persediaan budget yang cukup, Anda pun harus pandai memilih material bangunan karena andai tidak kita juga dapat saja kecewa sebab rumah idaman kita ternyata lokasi tinggal Anda tak di bina dengan sarana dan bahan yang tidak cukup baik kualitasnya.

Material bangunan yang mahal belum tentu cocok dengan keperluan rumah Anda. Sebaliknya, material/ bahan bangunan yang murah tidak selamanya berbobot | berbobot | berkualitas buruk. Jadi ketika Anda berencana membina rumah sendiri, maka Anda mesti pandai memilih bahan/ material bangunan. Nah, sebagai berikut ada sejumlah cara menghemat bahan/ material bangunan.

1. Perhatikan musimnya dan ikuti pertumbuhan harga material/ bahan bangunan yang bakal Anda beli

Perubahan dan pertumbuhan harga suatu material/ bahan bangunan pun akan cocok dengan musim loh. Musim kemarau, misalnya, material bangunan lazimnya akan lebih mahal bila dikomparasikan dengan harga material bangunan di musim hujan. Namun andai Anda mengerjakan pembangunan lokasi tinggal di musim penghujan, ongkos pembangunan pun akan mahal sebab ongkos tenaga bakal jauh lebih mahal. Belum lagi penurunan kualitas material bangunan yang menurun dampak terkena air hujan. Yang benar, usahakan kita mulai mencicil melakukan pembelian material-material bangunan di musim penghujan dan mulai pekerjaan pembangunan lokasi tinggal di musim kemarau.

2. Beli langsung dari sumbernya

Ingin menemukan harga material bangunan yang lebih murah? Beli saja langsung pada sumbernya. Misalnya saja Anda melakukan pembelian batu bata langsung pada pengrajin batu bata di sekitar wilayah Anda. kita juga dapat menerapkan teknik ini untuk melakukan pembelian bahan-bahan bangunan lainnya laksana kayu, pasir, bambu, dsb.

3. Beli dalam jumlah yang banyak

Anda dapat membandingkan harga material bangunan yang kita beli satuan dengan material bangunan dalam jumlah yang banyak. Pastinya harganya sangat bertolak belakang jauh bukan? Sudah tentu harga material bangunan yang dibeli dalam jumlah tidak sedikit harganya bakal jauh lebih murah bila dikomparasikan dengan satuan. Selain bisa menghemat biaya, Anda pun dapat menghemat masa-masa Anda.

4. Gunakan bahan/ material bangunan pilihan atau pengganti

Hindari memilih material bangunan yang terlalu mahal. Anda dapat mengubah material itu dengan material pengganti lainnya. Misalnya kusen cor dapat Anda pilih guna menggantikan kusen kayu. Kusen cor hasilnya pun akan baik bila digarap dengan kecermatan dan kesabaran. Bahkan hasilnya dapat menjadi lebih kuat.

5. Cari kenalan yang pun sedang membina rumah

Bagi kita yang mempunyai teman atau kenalan yang baru saja selesai membina rumah, tak terdapat salahnya untuk Anda guna meminta saldo bahan bangunan bila sisa bahan bangunan itu tak dibutuhkan lagi. daripada dilemparkan atau tidak dipedulikan saja, lebih baik kita manfaatkan.

Kiat Hemat Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah