Mitos Payudara Kendur yang Terbukti Keliru


Payudara menjadi kehormatan hati kebanyakan wanita. Namun, terdapat saja masalah seputar payudara yang buat minder. Salah satunya yang sangat umum ialah payudara kendur (ptosis). Kata orang, menyusui dan olahraga disebut-sebut dapat menyebabkan payudara mengendur. Nah, lho! Apa kata dunia medis soal ini?

Mitos yang beredar mengenai payudara kendur

1. Menyusui buat payudara kendur

Mungkin Anda tidak jarang mendengar bisik tetangga yang bilang menyusui menciptakan payudara jadi mengendur. Namun, pada prakteknya kehamilanlah yang menciptakan payudara mengendur, bukan masa menyusui.

Selama masa kehamilan, terjadi evolusi hormonal dan eskalasi berat badan guna mempersiapkan buatan ASI. Hal ini mengakibatkan ukuran payudara jadi ikut membesar.

Ukuran payudara yang membesar itu mungkin menciptakan ligamen tidak banyak meregang. Namun, situasi tersebut melulu terjadi sedangkan saja. Setelah masa menyusui selesai, payudara bakal kembali normal.

2. Bra menangkal payudara kendur

Selama ini anda berpikiran bahwa faedah utama bra ialah untuk menangkal payudara mengendur. Padahal, bra hanya bermanfaat untuk menopang dan mengusung payudara agar tampilan bentuknya lebih optimal. Memakai bra tidak akan menangkal pengenduran payudara dampak gravitasi dan usia.

Pengecualian pada ketika Anda berolahraga yang mengakibatkan payudara terus bergerak naik turun. Misalnya jogging atau lompat tali. Gerakan berulang ini bisa meregangkan otot ligamen payudara yang bermanfaat menahan lemak dan jaringan beda di dalamnya.

Namun, risiko payudara mengendur lebih dini dampak olahraga bisa Anda cegah dengan menggunakan bra olahraga alias sports bra.

3. Pengenduran payudara tidak dapat dihindari

Semakin usia meningkat tua, khususnya menjelang menopause, buatan kolagen dalam kulit semakin tidak banyak sehingga payudara Anda bakal semakin mengendur.

Payudara kendur memang menjadi salah atu tanda penuaan pada wanita. Meski begitu, bukan berarti kita tidak dapat memperlambat proses pengendurannya semenjak dini.

Studi mengindikasikan bahwa perempuan yang keunggulan berat badan dan mengisap rokok berisiko merasakan pendenguran payudara kendur lebih cepat. Di sisi lain, menjalani penurunan berat badan secara menyeluruh dalam masa-masa cepat juga dapat membuat payudara mengendur.

Jadi, usahakan konsultasi dulu pada dokter sebelum menyimpulkan berdiet dan hindari/berhenti merokok.

4. Payudara kecil tidak dapat mengendur

Ukuran payudara yang besar bakal lebih jelas tampak mengendur dikomparasikan payudara yang kecil. Namun, tersebut tidak berarti payudara kecil tidak bakal kendur sama sekali.

Payudara yang kecil tetap bakal mengendur seiring meningkatnya usia, tetapi efeknya memang tidak begitu kentara. Hal ini terjadi sebab jaringan yang tertarik ke bawah lebih tidak banyak jika dikomparasikan dengan payudara besar.

Mitos Payudara Kendur yang Terbukti Keliru