Cara Alami Mengobati Ketiak Gatal


Umumnya ketiak gatal dikarenakan oleh iritasi kulit atau reaksi alergi. Kedua-duanya bisa mengakibatkan perasaan gatal, kulit ketiak berwarna merah, serta berasa kering. Bila sangat terasa gatal, janganlah digaruk sebab akan membuat luka serta iritas. 

Alih-alih menggaruknya, Anda dapat memercayakan beberapa bahan alami di bawah ini untuk menangani perasaan gatal di ketiak. 

1. Minyak kelapa serta air hangat 

Bila ketiak Anda berasa gatal, coba mandi dengan air hangat dicampurkan dengan minyak kepala. Minyak kelapa dapat menyembuhkan perasaan gatal serta warna merah pada ketiak. Diluar itu, air hangat bisa menentramkan sisi kulit yang teriritasi. 

Triknya gampang, Anda perlu memberikan satu sendok makan minyak kelapa ke air yang akan dipakai untuk mandi. Kerjakan ini saat perasaan gatal di ketiak kambuh 

2. Kompres dengan es batu 

Bila dikarenakan oleh iritasi, langkah menyembuhkan ketiak yang gatal dengan mengompres sisi itu dengan es batu. Tidak hanya kurangi perasaan gatal, es batu bisa membuat Anda lebih santai sebab es batu tidak beresiko untuk dipakai. 

3. Memperbanyak makan buah serta sayur 

Kadang perasaan gatal pada saat pun dikarenakan oleh kekurangan vitamin di badan kita. Awalilah untuk meningkatkan konsumsi vitamin untuk menolong menantang jamur serta membuat kulit kita bertambah sehat. 

Sumber makanan yang dapat Anda utamakan untuk kurangi perasaan gatal di ketiak yang menyiksa yait u jeruk, brokoli, serta tomat. Makanan itu kaya vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan gatal di ketiak 

4. Pakai potongan lemon 

Untuk membunuh jamur-jamur yang berkeliaran di ketiak, pakai potongan lemon serta tempatkan dibagian yang gatal. Coba untuk mengirisnya dengan ukuran yang kecil. Diluar itu, lemon bisa jadikan menjadi deodoran alami yang bisa menangani jamur pada ketiak yang gatal. 

Sesudah kita tahu beberapa cara menyembuhkan ketiak yang gatal, mari kita lihat bagaimana kita bisa menahan hal itu berlangsung. 

Langkah menahan ketiak gatal 

Mencegah salah satu langkah kita menyembuhkan tak perlu rasakan sakit itu. Nah, saat ini kita akan mengulas bagaimana menahan ketiak gatal lewat cara yang gampang: 

  • Bila perasaan gatal baru berasa, hentikan pemakaian alat-alat pembersih yang memakai bahan kimia yang punya potensi menjadi pemicu alergi. 
  • Jauhi pemakaian baju, handuk, serta aksesori yang dipakai dengan orang lainnya. Hal itu kemungkinan bisa mengakibatkan jamur yang ada di badan orang lainnya melekat pada kita. 
  • Pakai baju yang menyerap keringat serta longgar. 
  • Jagalah kebersihan diri Anda. Jika memang perlu pakai cairan antiseptik saat mandi. 

Bila ketiak Anda berasa masih tetap gatal walau sebenarnya beberapa usaha menanganinya telah dikerjakan, selekasnya tanyakan ke dokter untuk tahu apa sebabnya serta bagaimanakah cara menanganinya.

Cara Alami Mengobati Ketiak Gatal