Agar Mobil Bekas Memiliki Performa Seperti Mobil Baru

Daftar-Harga-Mobil-Bekas-Agar-Mobil-Bekas-Memiliki-Performa-Seperti-Mobil-Baru

Daftar harga mobil bekas selalu menarik untuk diikuti, terlebih bagi Anda yang tengah berencana membeli mobil. Harga mobil bekas memang memiliki nominal yang jauh lebih rendah dibanding mobil baru pada umumnya. Meski begitu, kualitas mobil bekas juga banyak yang masih bagus. Selama Anda teliti memilihnya, maka mobil bekas yang berkualitas bisa didapatkan. 

Menjaga Performa Mobil Bekas 

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas ada baiknya memperhatikan poin-poin di bawah ini agar nantinya mobil bekas yang dibeli tetap terjaga kualitasnya. 

1. Periksa semua komponen dari mobil 

Perlu diingat, bahwa mobil bekas adalah mobil yang sebelumnya sudah pernah dipakai. Jika Anda belum mengetahui tentang riwayat mobil sebelumnya, sebaiknya Anda menanyakan pada pihak dealer perihal ini. Anda juga harus tetap memperhatikan bodi mobil beserta komponen-komponennya. 

Hal ini juga harus tetap dilakukan meski mobil sudah Anda beli. Ini sebagai bentuk perawatan agar performa mobil tetap terjaga. 

2. Gantilah oli secara berkala 

Oli merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh mobil, karena oli bisa dijadikan pelumas agar fungsi di dalam mobil tetap baik. Sehingga penting untuk Anda untuk selalu menjaga performa mobil agar tetap prima. 

Cara tersebut bisa diperoleh melalui penggantian oli mobil secara rutin dan berkala sesuai kebutuhan serta jarak yang bisa ditempuh. Kondisi oli yang semakin lama dan sedikit akan mengakibatkan gesekan antar komponen yang mengakibatkan mesin menjadi cepat rusak. 

3. Melakukan cek radiator 

Radiator mobil berfungsi sebagai pendingin mesin. Jika kinerjanya tidak maksimal, maka mobil akan menjadi cepat panas. Sehingga dalam jangka pemakaian tertentu perlu melakukan penggantian air radiator. Cara untuk menghindari kerusakan adalah melakukan cek secara berkala untuk mengantisipasi kebocoran pada radiator mobil. 

4. Memastikan kondisi air radiator penuh 

Dalam hal ini, Anda harus bisa melakukan pengecekan kondisi air radiator agar selalu penuh dan mampu bekerja sesuai fungsinya yaitu agar mesin kendaraan tidak cepat panas. 

5. Lakukan penggantian timing belt 

Proses penggantian ini harus dilakukan secara berkala untuk meneruskan putaran pada roda gigi yang dihubungkan pada bagian mesin. Usia pemakaian timing belt bisa mencapai 40.000 km. Sehingga, perlu dilakukan proses tune up sebanyak satu hingga dua kali dalam satu bulan untuk mengetahui komponen dalam keadaan baik atau tidak. 

6. Memeriksa kondisi ban secara rutin 

Mobil lama dan mobil baru tidak hanya dilihat dari faktor harga saja, melainkan juga harus dilihat dari faktor kualitas perlengkapan dan peralatan yang dimiliki, seperti ban. Hal yang sudah sepatutnya diperiksa dari ban adalah ukuran ketebalan dan tekanan angin yang dimiliki, apakah sudah baik atau tidak. 

Kondisi yang buruk dari ban bisa jadi faktor utama terjadinya kecelakaan, karena permukaannya yang sudah menipis, sehingga ban yang berada di bawah susah dalam menjaga keseimbangan saat mengerem atau gas. 

7. Rajin dalam membersihkan filter karburasi 

Harga mobil bekas yang dipatok sangat murah biasanya sebanding dengan kualitasnya yang sangat murah juga. Walaupun tidak semuanya demikian, namun sebagian besar seperti itu. Bahkan, terkadang kualitas yang dimiliki mobil menyebabkan mesin mobil susah dihidupkan. Penyebabnya bisa jadi karena filter karburasi mobilnya kotor. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk selalu membersihkan filter karburasi mobil, misalnya dengan menyikat berbagai jenis kotoran yang menempel. Satu hal yang harus Anda ingat adalah menghindari compressor atau hairdryer saat membersihkan filter ini. 

8. Panaskan mobil saat hendak digunakan 

Cara memanaskan mobil paling baik adalah 15 menit sebelum digunakan. Sehingga, mesin mobil tidak merasa kaget saat dikendarai, apalagi jika kondisi mobil tersebut memiliki waktu yang lama tidak dikendarai. Dalam berkendara Anda harus menghindari kondisi jalan yang berlubang atau terjal parah pada kecepatan tinggi. Hal tersebut akan menyebabkan ban menjadi lebih cepat tipis serta mempersingkat umur suspensi mobil. 

Demikianlah hal-hal yang perlu dilakukan agar performa mobil bekas Anda tetap maksimal. Beli mobil bekas boleh, murah boleh, namun kualitas mobilnya harus selalu prima melalui beberapa perawatan diatas. Nah, bagi Anda yang masih ragu dengan kualitas mobil bekas, tidak perlu khawatir karena sudah ada tips-tips jitu untuk perawatan kualitasnya. Yuk cek daftar harga mobil bekas incaran Anda sekarang juga! 

Agar Mobil Bekas Memiliki Performa Seperti Mobil Baru