Kenali Beberapa Penyebab Alergi Pada Anak

Kenali-Beberapa-Penyebab-Alergi-Pada-Anak

Kesehatan buah hati tentunya sangat penting. Namun, tentunya seringkali anak mengalami masalah kesehatan seperti masalah alergi pada anak. Masalah alergi sangat sering terjadi pada anak. Walaupun alergi sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang sepele, namun jangan salah karena ada pula penyakit alergi yang dampaknya dapat mematikan. Sehingga sebagai orang tua, alergi yang dialami pada anak tidak boleh dianggap sepele juga. 

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui apa saja penyebab dari alergi yang sering terjadi pada anak. Padahal penyebab dari alergi yang dialami oleh anak ini dapat dijadikan sebagai referensi agar saat anak terkena alergi, maka Anda sebagai orang tua dapat menghindarkan sang buah hati dari penyebab alergi yang terjadi pada anak. 

Apakah yang Dimaksud Alergi? 

Alergi merupakan suatu kondisi dimana tubuh memberikan reaksi karena sistem kekebalan tubuh mendapati ada benda asing baik itu berbahaya maupun tidak masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak. Setiap orang memiliki alergi tertentu pada sesuatu sehingga sebagai orang tua, penyebab alergi yang dirasakan oleh anak harus diketahui agar dapat menghindarkan anak dari sumber alergi. 

Penyebab Alergi yang Terjadi Pada Anak 

Penyebab dari alergi yang dialami oleh anak tidak hanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Tetapi ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan alergi yang terjadi pada anak. Apa sajakah itu? Silahkan simak penjelasan berikut ini. 

1. Makanan yang Dikonsumsi 

Makanan menjadi faktor utama yang sering mengakibatkan timbulnya alergi yang terjadi pada anak. Jika suatu makanan yang dikonsumsi oleh anak dan setelah memakan makanan tersebut timbul reaksi gatal-gatal pada tubuh anak, maka kemungkinan besar makanan yang dikonsumsi sebelumnya mengandung sumber penyebab alergi pada anak Anda. Bahan makanan yang menjadi penyebab alergi satu anak bukan berarti akan menjadi sumber alergi bagi anak lainnya. 

Ya, hal ini karena jenis alergi pada anak berbeda dengan yang satu dan lainnya. 

Jadi belum tentu alergi yang dialami oleh anak yang satu akan dialami oleh anak yang lainnya. Adapun beberapa bahan makanan yang sering dikonsumsi menjadi penyebab secara umum terjadinya alergi adalah seafood (udang, kepiting, kerang, dan lain-lain), telur, kacang-kacangan, susu, keju, dan lain-lain. 

2. Penyebab Non-Makanan 

Selain makanan, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan alergi pada anak-anak. Adapun penyebab non-makanan yang sering mengakibatkan alergi seperti bulu hewan, debu, serbuk tanaman atau bunga, dan lain-lain. Beberapa hal ini sering menjadi hal yang mengakibatkan timbulnya alergi pada kulit anak. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan benda-benda di sekitar anak. 

Gejala Alergi yang Terjadi Pada Anak 

Bagi Anda yang belum mengetahui gejala alergi yang timbul pada anak, maka Anda perlu mengetahui bagaimana dari gejala alergi. Adapun gejalanya seperti timbulnya ruam berwarna merah di sekitar kulit, timbulnya rasa gatal pada tubuh, batuk yang terjadi secara terus menerus setelah menghirup sesuatu, mata menjadi gatal dan memerah, bersin-bersin, dan perut menjadi mual. 

Itulah beberapa penyebab dari alergi pada anak yang sering terjadi. Bagi Anda yang melihat timbulnya gejala dari alergi pada anak, maka Anda perlu mengetahui penyebab dan menghindarkan anak dari penyebab alergi tersebut. Dan jika terjadi masalah serius, bawalah anak ke dokter agar dapat ditangani dengan pengobatan medis. 

Kenali Beberapa Penyebab Alergi Pada Anak