Makanan Memiliki Probiotik untuk Vegetarian


Saat dengar kata yoghurt, banyak orang langsung ingat yoghurt. Walau adalah satu diantara sumber probiotik paling popular, yoghurt tidak pas untuk vegetarian. 

Untungnya, banyak langkah lain buat orang yang melakukan skema makan vegetarian untuk makan semakin banyak probiotik. Bahkan juga, ada juga probiotik yang di jual berbentuk suplemen. 

Walau demikian, dunia kuliner mempunyai beberapa pilihan sumber probiotik yang pas untuk skema makan vegan. Beberapa macam makanan kaya probiotik tersebut datang dari tanaman serta bahkan juga dapat dibikin sendiri di dalam rumah. 

Berikut beberapa pilihan sumber probiotik yang pas untuk vegetarian. 

1. Sauerkraut 

Sumber probiotik untuk vegetarian yang pertama ialah sauerkraut. Makanan asal Jerman ini, kaya probiotik, vitamin C serta vitamin K. 

Sauerkraut ialah sajian kubis fermentasi yang popular di banyak negara Eropa Timur. Sauerkraut dibikin lewat proses yang dimaksud lacto-fermentasi, yakni difermentasi di air garam, tanpa ada oksigen. 

Bakteri Lactobacillus dalam kubis lalu akan merubah gula jadi asam laktat, yang akan membuat daun renyah serta asam. 

Banyak toko makanan kesehatan, serta supermarket yang jual sauerkraut. Sauerkraut bahkan sekarang sudah di jual dengan online. Pilih produk yang tidak dipasteurisasi, sebab proses ini bisa merusak banyak bakteri menguntungkan. 

2. Tempe 

Tempe ialah makanan berbasiskan kedelai yang serupa dengan tahu tapi menyertakan fermentasi kedelai. Fermentasi itu mengakibatkan tempe kaya probiotik serta protein. 

Teksturnya yang kuat membuat pas untuk dipakai dalam beberapa sajian. Beberapa vegetarian bisa memproses tempe jadi burger, sandwich, digabung ke salad, atau menumisnya. Tidak cuma probiotik, tempe adalah sumber protein yang begitu baik. 

3. Sayuran acar 

Sayuran acar yang di rendam air asin membuat cemilan probiotik yang lezat untuk beberapa vegetarian. Kemungkinan besar untuk memfermentasi sebagian besar sayuran, tapi beberapa pilihan yang paling popular diantaranya timun, wortel, lobak, serta kembang kol. 

Untuk membuat lebih enak, Anda dapat memberikan bumbu serta rempah-rempah, seperti bawang putih, daun salam, lada hitam, serta biji ketumbar. 

Tetapi, hal yang perlu diingat ialah, sekalinya makanan ini baik, kandungan sodium di dalamnya cukuplah tinggi. Awasi jumlahnya acar yang dikonsumsi untuk menghindarkan resiko desakan darah tinggi serta retensi cairan. 

4. Kombucha 

Kombucha ialah teh fermentasi yang popular dalam beberapa waktu paling akhir. Minuman fermentasi ini memiliki kandungan probiotik yang baik untuk vegetarian. 

Untuk bikin kombucha, Anda akan memerlukan starter SCOBY, yakni kombinasi pada bakteri serta ragi. Memiliki bentuk seperti agar-agar yang begitu kaya mikroorganisme baik. Anda dapat memperoleh kombucha siap gunakan di supermarket. 

Kombucha memiliki kandungan dikit alkohol, hingga mungkin minuman ini tidak pas untuk sebagian orang, termasuk juga mereka yang tengah hamil atau menyusui. 

5. Kefir air 

Air kefir ialah minuman probiotik yang baik untuk vegetarian. Seperti kombucha, kefir air memerlukan kombinasi bakteri serta ragi, yang datang dari biji kefir hingga membuahkan air. 

Biji kefir bisa menolong fermentasi air gula, juice, atau air kelapa untuk membuat minuman beraroma mudah serta sehat. Dengan perawatan yang pas, biji-bijian tumbuh dengan teratur serta berjalan sepanjang sekian tahun. 

Walau air kefir adalah sumber probiotik, tidak semua produk kefir dapat dikonsumsi oleh vegetarian. Mereka harus menghindarkan susu kefir serta susu biji kefir sebab terbuat dari susu. 

6. Kimchi 

Ialah sajian kubis pedas fermentasi yang popular di masakan Korea. Bahan basic yang datang dari tanaman membuat makanan yang satu ini cocok menjadi sumber probiotik untuk vegetarian. 

Tidak cuma probiotik, kimchi memiliki kandungan vitamin serta anti-oksidan. Proses membuatnya serupa dengan sauerkraut, tetapi menyertakan juga beberapa rempah-rempah serta sayuran yang lain. 

Sekarang, bersamaan dengan mengembangnya budaya popular Korea, begitu gampang temukan kimchi. Pilihan lain, Anda dapat membuat sendiri di dalam rumah. 

7. Roti sourdough 

Roti sourdough tradisionil memerlukan starter, yakni gabungan tepung serta air yang sudah difermentasi sepanjang beberapa waktu, untuk membuatnya. 

Tidak semua roti sourdough memiliki kandungan probiotik, jadi penting untuk mengecek bahan terlebih dulu. Banyak toko serta perusahaan tidak memakai starter terfermentasi dalam pembuatan step pertamanya. 

Jika tidak cermat, Anda mungkin tidak memperoleh faedah probiotik untuk lengkapi menu makan vegetarian Anda. 

8. Miso 

Banyak yang mereferensikan sup miso menjadi pilihan probiotik untuk vegan. Makanan yang satu ini kaya anti-oksidan, vitamin B, serta bakteri menguntungkan. 

Manfaat lain pasta miso diantaranya saus salad, saus tumis, serta untuk mengasinkan. Penting untuk memakai air hangat, bukan panas, saat membuat sup miso. Karena, suhu yang begitu tinggi bisa membunuh bakteri probiotik. 

Tiap strain bakteri mempunyai manfaat yang berlainan dalam tingkatkan kesehatan. Itu penyebabnya, berdiskusi dengan dokter dapat memastikan sumber probiotik paling baik untuk skema makan vegetarian Anda, yang sesuai situasi kesehatan.

Makanan Memiliki Probiotik untuk Vegetarian