Inilah 3 Kegiatan Berbagi Baik yang Harus Kamu Lakukan di Ramadhan Tahun Ini

Inilah 3 Kegiatan Berbagi Baik yang Harus Kamu Lakukan di Ramadhan Tahun Ini

Inilah-3-Kegiatan-Berbagi-Baik-yang-Harus-Kamu-Lakukan-di-Ramadhan-Tahun-Ini

Bulan ramadhan merupakan momen yang baik untuk berbuat kebaikan. Hal ini karena di bulan ramadhan kita dianjurkan untuk berbuat sebanyak-banyaknya kebaikan kepada sesama. Oleh karena itu, sebagai umat muslim ada baiknya kita memanfaatkan momen bulan ramadhan di tahun ini untuk melakukan kegiatan berbagi baik. Tidak hanya dapat menambah pahala tetapi kamu juga dapat membuat orang lain bahagia dengan kebaikan yang kamu tebarkan. 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadhan 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa kegiatan berbagi kebaikan yang harus kamu lakukan di ramadhan tahun ini. Apa sajakah kegiatan berbagi kebaikan yang dapat coba kamu lakukan? Mari Intip kegiatan yang dapat kamu lakukan di bawah ini. 

1. Mengadakan Buka Bersama dengan Anak Yatim 

Salah satu kegiatan berbagi kebaikan di momen ramadhan tahun ini adalah mengadakan acara buka bersama. Namun, jika biasanya kamu melakukan acara buka bersama dengan teman lama sekaligus menjalin reuni kembali, maka tahun ini lakukanlah acara buka bersama yang berbeda. Saatnya kamu melakukan perubahan di tahun ini dengan menjalin silaturahmi dengan teman lama, kamu dapat mengadakan acara buka bersama dengan para anak yatim. 

Dengan mengadakan acara buka bersama dengan anak yatim maka kamu dapat berbagi baik. Mencoba berbagi kebahagiaan dan membagikan makanan sama dengan yang kamu santap di bulan ramadhan dengan anak yatim. Kamu dapat berbagi kebahagiaan yang sama dengan sesama dan merasakan pengalaman berbagi berbeda di ramadhan tahun ini. 

2. Berbagi Takjil 

Kegiatan berbagi kebaikan juga dapat kamu tebarkan dengan orang-orang yang sedang berpuasa tetapi tidak sempat untuk menyantap buka puasa. Misalnya saja orang-orang yang terjebak di dalam kemacetan di jalan dan tidak sempat berbuka puasa. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk membagikan air mineral atau bahkan makanan ringan bagi para pengendara di jalan yang tidak sempat berbuka puasa karena terjebak kemacetan. 

Dengan melakukan kegiatan berbagi takjil ini, maka kamu dapat menyebar kebaikan dengan orang- lain. Membagikan takjil juga dapat kamu lakukan dengan membagikan langsung ke masjid-masjid. Kamu dapat melakukan kegiatan berbagi takjil ini selama sebulan penuh. Hal ini tentunya akan membuat kamu secara langsung memberi makan bagi orang yang berpuasa dimana kamu akan mendapatkan pahala. 

3. Melakukan Garage Sale untuk Mengumpulkan Sumbangan Bagi Orang Membutuhkan 

Di ramadhan tahun ini kamu dapat mencoba mengemas barang-barang yang tidak kamu butuhkan namun masih layak pakai dan melakukan garage sale. Dengan melakukan garage sale ini, kamu dapat mencoba mengumpulkan pundi rupiah untuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini tentunya akan membantu kamu berbuat kebaikan dengan sesama. Selain itu, dengan melakukan garage sale, kamu dapat lebih produktif selama bulan ramadhan tahun ini. 

Mengadakan garage sale juga dapat membantu secara tidak langsung membagikan barang yang kamu tidak butuhkan kepada orang lain. Daripada menyimpan barang yang tidak dibutuhkan dan membiarkannya menumpuk, ada baiknya kamu memanfaatkan barang-barang tersebut untuk memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. 

Itulah beberapa kegiatan berbagi baik yang dapat kamu lakukan selama bulan ramadhan tahun ini. Mulailah untuk menyebarkan kebaikan kepada orang lain agar membuat ibadah kamu di bulan ini lebih berkah dan bermanfaat bagi sesama. Dengan melakukan kegiatan di atas maka kamu dapat belajar untuk berbuat kebaikan untuk memperbaiki diri kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!
Baca selengkapnya »
Berbagai Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh

Berbagai Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh


Anda tak perlu bermalam tadi malam jemu tujuh hari beruntun di gym cuma untuk memperhatikan kesehatan serta kesehatan badan. Kadang, cukup dengan lakukan hal kecil — tanpa ada butuh banyak tenaga dan waktu — Anda dapat dengan sendirinya menolong memperhatikan kesehatan badan tak perlu diminta. Kuncinya, Anda cuma perlu dikit kreatifitas serta tekad untuk mengerjakannya dimana juga serta kapan juga yang Anda dapat. Ingin tahu apa rutinitas simpel untuk memperhatikan kesehatan badan Anda? Baca selalu untuk tahu.

Di bawah ini banyak hal yang mungkin saja langkah gampang untuk memperhatikan kesehatan badan Anda. 

1. Kegiatan fisik, dimana juga serta kapan juga 

Kunci hidup sehat ialah aktif bergerak. Nah, Anda satu diantara orang yang menyukai habiskan waktu berjam-jam untuk melihat serial sinetron atau drama di TV? Anda tetep dapat produktif beraktivitas fisik saat tonton TV. Triknya simpel, gunakan waktu iklan jadi arena untuk lakukan peregangan otot, push up, sit up, maupun plank. 

Jadi, tidak lagi ada waktu yang terbuang percuma walau Anda sedang tonton TV. Tidak hanya manfaatkan interval waktu iklan saat Anda melihat TV, Anda dapat juga lakukan beberapa kegiatan fisik yang dapat dikerjakan di dalam rumah. Contohnya, bersih-bersih rumah, turun naik tangga, berkebun, jalan enjoy, dan lain-lain. 

2. Cukuplah tidur 

Tidak hanya aktif melakukan aktivitas, Anda pun harus memenuhi jam tidur Anda. Masalahnya tidur ialah satu keperluan paling fundamental sebagai satu dasar dimana pemikiran serta badan sehat tercipta. Bila dasar itu goyah, tentu saja akan berefek pada kesehatan Anda. Dari mulai manfaat kebal badan, daya, nafsu makan, situasi hati dan lain-lain. Pada intinya, jam tidur baik tiap orang berlainan. Tetapi, beberapa ahli sepakat bila jam tidur baik rata-rata orang dewasa sekitar 7 sampai 9 jam tiap malamnya. Jadi, untuk memperhatikan kesehatan badan, mulai saat ini cukupi jam tidur Anda serta jauhi bergadang sampai tengah malam. 

3. Banyak minum 

Air adalah keperluan paling fundamental untuk badan. Bila badan kekurangan air, karena itu beberapa sel pada tubuh semakin lebih susah untuk lakukan manfaat seperti harusnya. Di lain sisi, Anda pun semakin lebih beresiko alami dehidrasi. Bila Anda alami dehidrasi, ini akan kuras daya hingga membuat Anda bertambah cepat capek. 

Beberapa orang yang katakan jika kita harus memenuhi keperluan minum air putih 8 gelas tiap hari. Walau sebenarnya, belum pasti. Masalahnya keperluan air setiap orang berlainan. Mungkin saja Anda perlu minum air kurang atau bahkan juga lebih dari referensi itu. Yang penting, janganlah nantikan Anda rasakan sampai haus baru minum air putih. Masalahnya rasa haus yang ada itu sebetulnya telah jadi sinyal badan Anda alami dehidrasi sekitar 2 %. Jadi, pada saat Anda dapat serta mampu, cukupilah keperluan cairan Anda. Tidak selalu dari air putih, Anda dapat juga memenuhi keperluan cairan Anda dari sayuran serta buah yang kaya air. 

4. Makan perlahan-lahan 

Beberapa orang akui kalap serta lupa diri waktu lihat banyak makanan berjejeran di muka mata. Rasa-rasanya, semua yang ada di muka ingin di nikmati secepat-cepatnya. Sering, ini membuat Anda makan secara cepat, hingga Anda tidak sadar sudah makan dalam bagian besar serta memperoleh kalori yang tinggi. Walau sebenarnya, berdasar pada riset yang diedarkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, konsumsi makanan dengan perlahan-lahan begitu punya pengaruh besar dalam kurangi jumlahnya kalori pada tubuh Anda, lho! Saat makan lebih lamban, tanpa ada sadar Anda telah kenyang walau sebenarnya baru makan dalam bagian yang lebih kecil. 

Mengakibatkan, makan perlahan-lahan otomatis bisa mengatur berat tubuh yang selanjutnya bisa menahan berlangsungnya obesitas. Diluar itu, makan dengan perlahan-lahan menolong membuat lancar skema pencernaan serta membuat Anda rasakan lebih kenyang walau jumlahnya makanan yang Anda mengkonsumsi sedikit.
Baca selengkapnya »