Inilah 3 Kegiatan Berbagi Baik yang Harus Kamu Lakukan di Ramadhan Tahun Ini

Inilah-3-Kegiatan-Berbagi-Baik-yang-Harus-Kamu-Lakukan-di-Ramadhan-Tahun-Ini

Bulan ramadhan merupakan momen yang baik untuk berbuat kebaikan. Hal ini karena di bulan ramadhan kita dianjurkan untuk berbuat sebanyak-banyaknya kebaikan kepada sesama. Oleh karena itu, sebagai umat muslim ada baiknya kita memanfaatkan momen bulan ramadhan di tahun ini untuk melakukan kegiatan berbagi baik. Tidak hanya dapat menambah pahala tetapi kamu juga dapat membuat orang lain bahagia dengan kebaikan yang kamu tebarkan. 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadhan 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa kegiatan berbagi kebaikan yang harus kamu lakukan di ramadhan tahun ini. Apa sajakah kegiatan berbagi kebaikan yang dapat coba kamu lakukan? Mari Intip kegiatan yang dapat kamu lakukan di bawah ini. 

1. Mengadakan Buka Bersama dengan Anak Yatim 

Salah satu kegiatan berbagi kebaikan di momen ramadhan tahun ini adalah mengadakan acara buka bersama. Namun, jika biasanya kamu melakukan acara buka bersama dengan teman lama sekaligus menjalin reuni kembali, maka tahun ini lakukanlah acara buka bersama yang berbeda. Saatnya kamu melakukan perubahan di tahun ini dengan menjalin silaturahmi dengan teman lama, kamu dapat mengadakan acara buka bersama dengan para anak yatim. 

Dengan mengadakan acara buka bersama dengan anak yatim maka kamu dapat berbagi baik. Mencoba berbagi kebahagiaan dan membagikan makanan sama dengan yang kamu santap di bulan ramadhan dengan anak yatim. Kamu dapat berbagi kebahagiaan yang sama dengan sesama dan merasakan pengalaman berbagi berbeda di ramadhan tahun ini. 

2. Berbagi Takjil 

Kegiatan berbagi kebaikan juga dapat kamu tebarkan dengan orang-orang yang sedang berpuasa tetapi tidak sempat untuk menyantap buka puasa. Misalnya saja orang-orang yang terjebak di dalam kemacetan di jalan dan tidak sempat berbuka puasa. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk membagikan air mineral atau bahkan makanan ringan bagi para pengendara di jalan yang tidak sempat berbuka puasa karena terjebak kemacetan. 

Dengan melakukan kegiatan berbagi takjil ini, maka kamu dapat menyebar kebaikan dengan orang- lain. Membagikan takjil juga dapat kamu lakukan dengan membagikan langsung ke masjid-masjid. Kamu dapat melakukan kegiatan berbagi takjil ini selama sebulan penuh. Hal ini tentunya akan membuat kamu secara langsung memberi makan bagi orang yang berpuasa dimana kamu akan mendapatkan pahala. 

3. Melakukan Garage Sale untuk Mengumpulkan Sumbangan Bagi Orang Membutuhkan 

Di ramadhan tahun ini kamu dapat mencoba mengemas barang-barang yang tidak kamu butuhkan namun masih layak pakai dan melakukan garage sale. Dengan melakukan garage sale ini, kamu dapat mencoba mengumpulkan pundi rupiah untuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini tentunya akan membantu kamu berbuat kebaikan dengan sesama. Selain itu, dengan melakukan garage sale, kamu dapat lebih produktif selama bulan ramadhan tahun ini. 

Mengadakan garage sale juga dapat membantu secara tidak langsung membagikan barang yang kamu tidak butuhkan kepada orang lain. Daripada menyimpan barang yang tidak dibutuhkan dan membiarkannya menumpuk, ada baiknya kamu memanfaatkan barang-barang tersebut untuk memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. 

Itulah beberapa kegiatan berbagi baik yang dapat kamu lakukan selama bulan ramadhan tahun ini. Mulailah untuk menyebarkan kebaikan kepada orang lain agar membuat ibadah kamu di bulan ini lebih berkah dan bermanfaat bagi sesama. Dengan melakukan kegiatan di atas maka kamu dapat belajar untuk berbuat kebaikan untuk memperbaiki diri kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!

Inilah 3 Kegiatan Berbagi Baik yang Harus Kamu Lakukan di Ramadhan Tahun Ini