Cara Sembuhkan Flun Tanpa Minum Obat

Cara Sembuhkan Flun Tanpa Minum Obat


Tidak hanya memakai obat-obatan atau bahan alami, ada pula bermacam langkah menangani flu yang lain yang dapat Anda coba di dalam rumah. 

Bila dikerjakan dengan pas, beberapa langkah menangani flu berikut ini bisa menolong memudahkan tanda-tanda sekaligus juga membuat Anda bertambah cepat pulih. 

1. Istirahat yang cukup 

Beberapa orang seringkali meremehkan flu jadi penyakit mudah hingga cuek saja meneruskan kegiatan hariannya. Walau sebenarnya tidak hanya memperluas jangkauan penebaran penyakit ke sekitar lingkungan, masih kerja waktu flu perlambat proses pengobatan Anda sendiri. 

Oleh karenanya saat sakit flu, sebaiknya Anda beristirahat di dalam rumah dahulu sepanjang beberapa waktu atau sampai keadaan Anda cukup lebih baik. CDC menyarankan orang yang sakit flu untuk istirahat di dalam rumah paling tidak 24 jam sesudah demam turun. Bila Anda membutuhkan perawatan medis, Anda mungkin memerlukan waktu istirahat yang lebih lama. 

Gunakan waktu istirahat ini dengan beberapa tidur.Tidur menolong regenerasi sel badan yang rusak serta menguatkan ketahanan badan. Bila mulai rasakan jemu, Anda dapat habiskan waktu dengan membaca buku kegemaran, dengarkan musik, main game, atau melihat film. 

Jauhi beraktivitas fisik berat serta hubungan dengan orang saat sedang sakit flu. Bila Anda harus terpaksa keluar rumah atau beinteraksi dengan orang, pakai masker agar Anda tidak menularkan virus pada orang. 

2. Banyak minum air putih 

Supaya keadaan Anda cepat sembuh, dokter umumnya akan menyarankan untuk semakin banyak minum air putih. Nyatanya saran ini bukan tanpa ada fakta. Banyak minum air putih mungkin saja satu diantara langkah menangani flu alami, lho! 

Saat sedang sakit flu serta demam, badan Anda rawan kekurangan cairan. Mengakibatkan, potensi imun badan untuk menentang kuman penyakit jadi kurang maksimal. Di lain sisi, tanda-tanda penyerta flu seperti demam, pilek, atau diare akan membuat jumlahnya cairan di badan makin sedikit. Mengakibatkan Anda lebih rawan alami dehidrasi, yang akan makin jadi memperburuk keadaan Anda. 

Minum cukup air putih selama seharian menolong menghindarkan dehidrasi, mencairkan lendir yang menutup hidung serta tenggorokan, sampai memudahkan tanda-tanda penyerta flu yang lain. Jadi, penting buat Anda untuk memenuhi keperluan cairan saat sedang sakit flu. 

Tidak ada referensi tentu berapakah banyak air putih yang perlu Anda minum. Masalahnya konsumsi cairan tiap orang mungkin berlainan. Pada prinsipnya, minumlah setiap saat Anda rasakan haus. 

3. Berendam air hangat 

Berendam air hangat dapat jadi langkah menangani flu yang murah dan meriah, serba santai, serta cukup efisien untuk melegakan hidung. 

Janganlah bingung. Saat flu, rongga hidung Anda umumnya akan dipenuhi dengan lendir yang membuat Anda susah bernapas lega. Nah, uap panas yang Anda hirup sepanjang berendan bisa menolong mencairkan sekaligus juga keluarkan lendir yang menutup hidung Anda. Anda juga dapat bernapas lebih lega. 

Anda dapat juga menyimpan air panas dalam satu baskom besar. Setelah itu, tempatkan kepala Anda diatas baskom untuk hirup uapnya. Tutupi kepala Anda dengan handuk kecil untuk jaga airnya tidak cepat dingin serta uapnya tidak menebar ke mana-mana. 

Pejamkan mata Anda serta mengambil napas dalam-dalam kira-kira detik. Ulangilah langkah berikut sampai pernafasan Anda mulai berasa lega. Anda dapat juga memberikan tambahan beberapa tetes minyak mendasar seperti peppermint atau eucalyptus. 

4. Makan sup hangat 

Makan sup ayam hangat dapat juga jadi langkah menangani flu yang ampuh. 

Beberapa studi memberikan laporan jika makan sup ayam hangat saat sedang pilek atau flu menolong melegakan hidung lewat cara mencairkan lendir yang menutup aliran napas. Hirup kuah sup didapati menolong kurangi abuh pada aliran pernafasan atas karena serbuan virus flu. 

Tidak hanya sup, minuman hangat seperti teh dapat juga menolong menurunkan tanda-tanda flu yang Anda alami. Menurut beberapa periset dari Cardiff University, minum teh hangat bisa menolong melegakan tenggorokan sakit serta aliran pernafasan yang terhalang sebab tanda-tanda flu. 

Banyak konsumsi makanan atau minuman hangat di lain sisi menolong jaga konsumsi cairan pada tubuh agar Anda terlepas dari dehidrasi. 

5. Gunakan humidifier 

Melakukan aktivitas di ruang ber-AC memang membuat dingin. Tetapi, berhati-hati. Saat sedang flu, habiskan waktu di ruang ber-AC malah dapat mengakibatkan penyakit Anda lebih buruk. 

Karena, hempasan angin AC malah membuat udara di ruang jadi kering. Mengakibatkan, kuman pemicu flu lebih gampang berkembang biak. Diluar itu, udara kering akan membuat keadaan Anda makin lebih buruk sebab mengakibatkan mulut kering serta gatal pada hidung dan tenggorokan. 

Berita baiknya, humidifier dapat menolong tingkatkan kelembaban udara di ruang Anda. Humdifier bisa menolong melegakan aliran pernafasan atas, kurangi sensasi gatal di hidung serta tenggorokan, dan menghindarkan dari mulut kering. 

Tetapi, memakai humidifier tidak bisa asal. Penggunaan humidifier yang terlalu berlebih bisa membuat udara di ruang begitu lembap. Bila udara begitu lembap, karena itu jamur serta bakteri begitu gampang berkembang biak. 

Yakinkan jika alat pelembap udara yang Anda punya tetap dibikin bersih dengan teratur agar tidak menyebabkan perkembangan jamur. Bila Anda malas memberishkannya, karena itu bersiap-siaplah dengan efek terserang infeksi aliran pernafasan karena perkembangan bakteri serta jamur. 

6. Tidur dengan bantal penambahan 

Hidung terhalang memang membuat tidur Anda jadi tidak nyaman. Tetapi, Anda tidak butuh cemas jadi kurang tidur saat flu. Siasati dengan menyisipkan bantal tambahan dibawah kepala Anda supaya tempat kepala Anda tambah tinggi dari tubuh. 

Tempat kepala yang tambah tinggi dari jantung akan memudahkan desakan pada sinus Anda. Hal ini membuat Anda tak perlu terjaga di larut malam sebab kesusahan bernapas. 

Tetapi, janganlah pakai bantal yang begitu tebal serta keras untuk mengganjal kepala ya! Takut-takut langkah menangani flu ini justru membuat leher pegal sebab salah bantal. Bangun pagi juga jadi tidak semangat. Ingat, yang lebih penting ialah memprioritaskan kenyamanan Anda sepanjang tidur.
Baca selengkapnya »
Cara Ampuh Menahan Rasa Haus Saat Puasa

Cara Ampuh Menahan Rasa Haus Saat Puasa


Meredam haus waktu puasa merupakan rintangan berat yang bukan main hebatnya, ditambah lagi dibawah teriknya cahaya matahari. 

Sepanjang 14 jam berpuasa dalam cuaca panas, penting untuk masih jaga supaya Anda tidak kehilangan banyak cairan badan yang dapat mengakibatkan dehidrasi. Ditambahkan, suhu seputar yang tinggi sekali dapat tingkatkan efek Anda pada beberapa keadaan kesehatan beresiko, seperti kecapekan ekstrim serta heat stroke. Strategi tersebut dapat menolong Anda meredam haus waktu puasa sekalian masih adem-ayem selama panasnya musim kemarau. 

1. Tutup jendela 

Bila cuaca panas tidak bisa ditolerir, jauhi kegiatan dibawah cahaya matahari langsung atau pada permukaan aspal yang panas serta masih ada dalam ruang sekerap yang Anda dapat. 

Seputar 40% panas masuk ke ruang lewat jendela, khususnya jendela yang menghadap ke timur serta barat. Untuk memblokirnya, gorden serta tirai harus ditutup rapat sesuai panjang serta lebar jendela, serta sedapat mungkin pilih warna kain yang cerah serta reflektif, contohnya kain satin berwarna putih, krem, atau beberapa warna pastel yang lain, kata periset Christian Kohler dari Lawrence Berkeley National Laboratory di California, diambil dari Prevention. Warna gelap menyerap semakin banyak panas dibanding beberapa warna jelas. 

Trick yang lain dengan beli kaca film transparan yang dapat memblok panas serta lekatkan ke jendela rumah Anda. 

2. Nyalakan kipas angin 

Hawa yang stabil bergerak percepat penguapan keringat. Kipas angin dapat menolong mengedarkan semakin banyak hawa serta membuat Anda rasakan lebih sejuk bahkan juga saat sedang ada dalam ruang ber-AC. Trick-nya, isi satu mangkok dengan es batu serta posisikan mangkok di muka kipas angin kamar Anda. Langkah simpel ini bisa membuat situasi dingin berkabut dengan hembuskan uap dingin dari es batu. Imbuhkan garam ke mangkok es terlebih dulu untuk dapat menaklukkan panas lebih lama. 

Langkah yang lain yang lebih gampang merupakan kipas angin kecil portable bertenaga baterei yang dapat Anda pegang atau simpan di meja waktu kerja. 

3. Membuat semprotan air (face mist) 

Isi botol semprot dengan air serta dinginkan di kulkas untuk semprotan muka yang beri kesegaran sesudah begitu lama ada di luar ruang. Untuk sensasi yang lebih beri kesegaran , seduh satu cangkir teh peppermint lalu masukan ke almari es. Sesudahnya, tuangkan ke botol semprot serta semprotkan seringkali ke muka. Sensasi menthol dalam teh akan membuat kulit Anda berasa lebih sejuk menggelitik waktu Anda sedang kepanasan. 

4. Kompres air dingin 

Lekatkan es batu yang dibalut kain tipis ke wilayah yang mempunyai denyut nadi kencang, seperti leher, siku dalam, pelipis, serta pergelangan tangan untuk menangani cuaca panas yang terlalu berlebih. Atau, lekatkan kompres gel (yang umumnya dipakai untuk turunkan demam) atau botol air minum yang awalnya sudah dibekukan dalam almari es. 

5. Gunakan pakaian yang memiliki bahan dingin 
Sepanjang berpuasa, lebih bijaklah dalam pilih pakaian yang Anda gunakan. Warna baju, type kainnya, serta berapakah lapis baju yang Anda gunakan — semuanya mainkan peranan penting dalam jaga suhu badan Anda masih serendah mungkin. 

Bila Anda kerja di rumah, pilih pakaian memiliki bahan katun yang berwarna jelas; Bila sejumlah besar hari Anda dihabiskan di luar, warna yang lebih gelap akan menolong membuat perlindungan Anda dari dampak cahaya matahari. Tetapi upayakan janganlah gunakan baju berwarna hitam. Warna hitam condong menarik panas serta menguncinya ke badan Anda. 

6. Kerjakan tehnik pernafasan yoga 

Lain waktu Anda rasakan kepanasan, kerjakan beberapa waktu pernafasan yoga. Sebab bahkan juga dikit pernafasan dalam dapat menolong Anda masih dingin. Yoga mempunyai tehnik pernafasan yang mendinginkan badan. Tidak hanya menolong turunkan panas badan, tehnik ini kurangi depresi. 

Triknya, gulung lidah Anda serta bernapas perlahan-lahan lewat lidah Anda yang digulung (atau bila Anda tidak bisa mengerjakannya, monyongkan bibir Anda). Tarik napas sesaat, serta hembuskan napas lewat hidung dengan perlahan-lahan. Ulangilah lima sampai 10 kali. Pernafasan lewat mulut sangat mungkin air liur Anda mendinginkan hawa yang Anda hirup sebelum masuk ke paru-paru.
Baca selengkapnya »