Cara Ampuh Menahan Rasa Haus Saat Puasa


Meredam haus waktu puasa merupakan rintangan berat yang bukan main hebatnya, ditambah lagi dibawah teriknya cahaya matahari. 

Sepanjang 14 jam berpuasa dalam cuaca panas, penting untuk masih jaga supaya Anda tidak kehilangan banyak cairan badan yang dapat mengakibatkan dehidrasi. Ditambahkan, suhu seputar yang tinggi sekali dapat tingkatkan efek Anda pada beberapa keadaan kesehatan beresiko, seperti kecapekan ekstrim serta heat stroke. Strategi tersebut dapat menolong Anda meredam haus waktu puasa sekalian masih adem-ayem selama panasnya musim kemarau. 

1. Tutup jendela 

Bila cuaca panas tidak bisa ditolerir, jauhi kegiatan dibawah cahaya matahari langsung atau pada permukaan aspal yang panas serta masih ada dalam ruang sekerap yang Anda dapat. 

Seputar 40% panas masuk ke ruang lewat jendela, khususnya jendela yang menghadap ke timur serta barat. Untuk memblokirnya, gorden serta tirai harus ditutup rapat sesuai panjang serta lebar jendela, serta sedapat mungkin pilih warna kain yang cerah serta reflektif, contohnya kain satin berwarna putih, krem, atau beberapa warna pastel yang lain, kata periset Christian Kohler dari Lawrence Berkeley National Laboratory di California, diambil dari Prevention. Warna gelap menyerap semakin banyak panas dibanding beberapa warna jelas. 

Trick yang lain dengan beli kaca film transparan yang dapat memblok panas serta lekatkan ke jendela rumah Anda. 

2. Nyalakan kipas angin 

Hawa yang stabil bergerak percepat penguapan keringat. Kipas angin dapat menolong mengedarkan semakin banyak hawa serta membuat Anda rasakan lebih sejuk bahkan juga saat sedang ada dalam ruang ber-AC. Trick-nya, isi satu mangkok dengan es batu serta posisikan mangkok di muka kipas angin kamar Anda. Langkah simpel ini bisa membuat situasi dingin berkabut dengan hembuskan uap dingin dari es batu. Imbuhkan garam ke mangkok es terlebih dulu untuk dapat menaklukkan panas lebih lama. 

Langkah yang lain yang lebih gampang merupakan kipas angin kecil portable bertenaga baterei yang dapat Anda pegang atau simpan di meja waktu kerja. 

3. Membuat semprotan air (face mist) 

Isi botol semprot dengan air serta dinginkan di kulkas untuk semprotan muka yang beri kesegaran sesudah begitu lama ada di luar ruang. Untuk sensasi yang lebih beri kesegaran , seduh satu cangkir teh peppermint lalu masukan ke almari es. Sesudahnya, tuangkan ke botol semprot serta semprotkan seringkali ke muka. Sensasi menthol dalam teh akan membuat kulit Anda berasa lebih sejuk menggelitik waktu Anda sedang kepanasan. 

4. Kompres air dingin 

Lekatkan es batu yang dibalut kain tipis ke wilayah yang mempunyai denyut nadi kencang, seperti leher, siku dalam, pelipis, serta pergelangan tangan untuk menangani cuaca panas yang terlalu berlebih. Atau, lekatkan kompres gel (yang umumnya dipakai untuk turunkan demam) atau botol air minum yang awalnya sudah dibekukan dalam almari es. 

5. Gunakan pakaian yang memiliki bahan dingin 
Sepanjang berpuasa, lebih bijaklah dalam pilih pakaian yang Anda gunakan. Warna baju, type kainnya, serta berapakah lapis baju yang Anda gunakan — semuanya mainkan peranan penting dalam jaga suhu badan Anda masih serendah mungkin. 

Bila Anda kerja di rumah, pilih pakaian memiliki bahan katun yang berwarna jelas; Bila sejumlah besar hari Anda dihabiskan di luar, warna yang lebih gelap akan menolong membuat perlindungan Anda dari dampak cahaya matahari. Tetapi upayakan janganlah gunakan baju berwarna hitam. Warna hitam condong menarik panas serta menguncinya ke badan Anda. 

6. Kerjakan tehnik pernafasan yoga 

Lain waktu Anda rasakan kepanasan, kerjakan beberapa waktu pernafasan yoga. Sebab bahkan juga dikit pernafasan dalam dapat menolong Anda masih dingin. Yoga mempunyai tehnik pernafasan yang mendinginkan badan. Tidak hanya menolong turunkan panas badan, tehnik ini kurangi depresi. 

Triknya, gulung lidah Anda serta bernapas perlahan-lahan lewat lidah Anda yang digulung (atau bila Anda tidak bisa mengerjakannya, monyongkan bibir Anda). Tarik napas sesaat, serta hembuskan napas lewat hidung dengan perlahan-lahan. Ulangilah lima sampai 10 kali. Pernafasan lewat mulut sangat mungkin air liur Anda mendinginkan hawa yang Anda hirup sebelum masuk ke paru-paru.

Cara Ampuh Menahan Rasa Haus Saat Puasa