Cara Sembuhkan Flun Tanpa Minum Obat


Tidak hanya memakai obat-obatan atau bahan alami, ada pula bermacam langkah menangani flu yang lain yang dapat Anda coba di dalam rumah. 

Bila dikerjakan dengan pas, beberapa langkah menangani flu berikut ini bisa menolong memudahkan tanda-tanda sekaligus juga membuat Anda bertambah cepat pulih. 

1. Istirahat yang cukup 

Beberapa orang seringkali meremehkan flu jadi penyakit mudah hingga cuek saja meneruskan kegiatan hariannya. Walau sebenarnya tidak hanya memperluas jangkauan penebaran penyakit ke sekitar lingkungan, masih kerja waktu flu perlambat proses pengobatan Anda sendiri. 

Oleh karenanya saat sakit flu, sebaiknya Anda beristirahat di dalam rumah dahulu sepanjang beberapa waktu atau sampai keadaan Anda cukup lebih baik. CDC menyarankan orang yang sakit flu untuk istirahat di dalam rumah paling tidak 24 jam sesudah demam turun. Bila Anda membutuhkan perawatan medis, Anda mungkin memerlukan waktu istirahat yang lebih lama. 

Gunakan waktu istirahat ini dengan beberapa tidur.Tidur menolong regenerasi sel badan yang rusak serta menguatkan ketahanan badan. Bila mulai rasakan jemu, Anda dapat habiskan waktu dengan membaca buku kegemaran, dengarkan musik, main game, atau melihat film. 

Jauhi beraktivitas fisik berat serta hubungan dengan orang saat sedang sakit flu. Bila Anda harus terpaksa keluar rumah atau beinteraksi dengan orang, pakai masker agar Anda tidak menularkan virus pada orang. 

2. Banyak minum air putih 

Supaya keadaan Anda cepat sembuh, dokter umumnya akan menyarankan untuk semakin banyak minum air putih. Nyatanya saran ini bukan tanpa ada fakta. Banyak minum air putih mungkin saja satu diantara langkah menangani flu alami, lho! 

Saat sedang sakit flu serta demam, badan Anda rawan kekurangan cairan. Mengakibatkan, potensi imun badan untuk menentang kuman penyakit jadi kurang maksimal. Di lain sisi, tanda-tanda penyerta flu seperti demam, pilek, atau diare akan membuat jumlahnya cairan di badan makin sedikit. Mengakibatkan Anda lebih rawan alami dehidrasi, yang akan makin jadi memperburuk keadaan Anda. 

Minum cukup air putih selama seharian menolong menghindarkan dehidrasi, mencairkan lendir yang menutup hidung serta tenggorokan, sampai memudahkan tanda-tanda penyerta flu yang lain. Jadi, penting buat Anda untuk memenuhi keperluan cairan saat sedang sakit flu. 

Tidak ada referensi tentu berapakah banyak air putih yang perlu Anda minum. Masalahnya konsumsi cairan tiap orang mungkin berlainan. Pada prinsipnya, minumlah setiap saat Anda rasakan haus. 

3. Berendam air hangat 

Berendam air hangat dapat jadi langkah menangani flu yang murah dan meriah, serba santai, serta cukup efisien untuk melegakan hidung. 

Janganlah bingung. Saat flu, rongga hidung Anda umumnya akan dipenuhi dengan lendir yang membuat Anda susah bernapas lega. Nah, uap panas yang Anda hirup sepanjang berendan bisa menolong mencairkan sekaligus juga keluarkan lendir yang menutup hidung Anda. Anda juga dapat bernapas lebih lega. 

Anda dapat juga menyimpan air panas dalam satu baskom besar. Setelah itu, tempatkan kepala Anda diatas baskom untuk hirup uapnya. Tutupi kepala Anda dengan handuk kecil untuk jaga airnya tidak cepat dingin serta uapnya tidak menebar ke mana-mana. 

Pejamkan mata Anda serta mengambil napas dalam-dalam kira-kira detik. Ulangilah langkah berikut sampai pernafasan Anda mulai berasa lega. Anda dapat juga memberikan tambahan beberapa tetes minyak mendasar seperti peppermint atau eucalyptus. 

4. Makan sup hangat 

Makan sup ayam hangat dapat juga jadi langkah menangani flu yang ampuh. 

Beberapa studi memberikan laporan jika makan sup ayam hangat saat sedang pilek atau flu menolong melegakan hidung lewat cara mencairkan lendir yang menutup aliran napas. Hirup kuah sup didapati menolong kurangi abuh pada aliran pernafasan atas karena serbuan virus flu. 

Tidak hanya sup, minuman hangat seperti teh dapat juga menolong menurunkan tanda-tanda flu yang Anda alami. Menurut beberapa periset dari Cardiff University, minum teh hangat bisa menolong melegakan tenggorokan sakit serta aliran pernafasan yang terhalang sebab tanda-tanda flu. 

Banyak konsumsi makanan atau minuman hangat di lain sisi menolong jaga konsumsi cairan pada tubuh agar Anda terlepas dari dehidrasi. 

5. Gunakan humidifier 

Melakukan aktivitas di ruang ber-AC memang membuat dingin. Tetapi, berhati-hati. Saat sedang flu, habiskan waktu di ruang ber-AC malah dapat mengakibatkan penyakit Anda lebih buruk. 

Karena, hempasan angin AC malah membuat udara di ruang jadi kering. Mengakibatkan, kuman pemicu flu lebih gampang berkembang biak. Diluar itu, udara kering akan membuat keadaan Anda makin lebih buruk sebab mengakibatkan mulut kering serta gatal pada hidung dan tenggorokan. 

Berita baiknya, humidifier dapat menolong tingkatkan kelembaban udara di ruang Anda. Humdifier bisa menolong melegakan aliran pernafasan atas, kurangi sensasi gatal di hidung serta tenggorokan, dan menghindarkan dari mulut kering. 

Tetapi, memakai humidifier tidak bisa asal. Penggunaan humidifier yang terlalu berlebih bisa membuat udara di ruang begitu lembap. Bila udara begitu lembap, karena itu jamur serta bakteri begitu gampang berkembang biak. 

Yakinkan jika alat pelembap udara yang Anda punya tetap dibikin bersih dengan teratur agar tidak menyebabkan perkembangan jamur. Bila Anda malas memberishkannya, karena itu bersiap-siaplah dengan efek terserang infeksi aliran pernafasan karena perkembangan bakteri serta jamur. 

6. Tidur dengan bantal penambahan 

Hidung terhalang memang membuat tidur Anda jadi tidak nyaman. Tetapi, Anda tidak butuh cemas jadi kurang tidur saat flu. Siasati dengan menyisipkan bantal tambahan dibawah kepala Anda supaya tempat kepala Anda tambah tinggi dari tubuh. 

Tempat kepala yang tambah tinggi dari jantung akan memudahkan desakan pada sinus Anda. Hal ini membuat Anda tak perlu terjaga di larut malam sebab kesusahan bernapas. 

Tetapi, janganlah pakai bantal yang begitu tebal serta keras untuk mengganjal kepala ya! Takut-takut langkah menangani flu ini justru membuat leher pegal sebab salah bantal. Bangun pagi juga jadi tidak semangat. Ingat, yang lebih penting ialah memprioritaskan kenyamanan Anda sepanjang tidur.

Cara Sembuhkan Flun Tanpa Minum Obat