Tanda-tanda Mobil Overheat yang Mesti Diketahui


Masalah ‘overheat’ jadi satu diantara lawan paling besar pengemudi saat lakukan perjalanan panjang, ditambah lagi terjerat macet di siang hari. Keadaan ini dapat membuat mesin mobil dapat mati mendadak di jalan. 

Sebelum mobil alami berhenti atau mati sebab suhu mesin yang tinggi, pengemudi butuh menghadapi tanda-tanda overheat lebih awal, hingga kendaraan dapat dikit terselamatkan. 

AC Mobil Mati 

Ciri mobil saat akan alami tanda-tanda overheat ialah, pendingin udara kabin atau AC mobil tidak berperan . 

Electronic Control Unit (ECU) akan dengan automatis mematikan skema pendingin udara. Ini telah jadi tanda-tanda buat pengemudi menyampingkan kendaraan serta lakukan kontrol. 

Tanda Suhu Berkedip 

Nah, jika pengemudi masih memaksa mobil untuk digerakkan, sinyal yang lain ialah tanda suhu yang akan berkedip-kedip. 

Biasanya saat suhu di 86-91 derajat celcius, ada motor vent yang akan turunkan suhu sampai 87 derajat . Tetapi jika telah lebih dari 91 derajat celcius, tanda suhu akan berkedip, apabila diacuhkan tanda akan menyala terus, berarti telah dalam keadaan overheat sekali. 

Tanda Menyala Tanpa ada Kedip 

Selanjutnya jika kembali diacuhkan, tanda suhu pada mesin mobil telah tidak berkedip tetapi terus menyala. Ini tanda-tanda mesin telah alami overheat cukup kronis. 

Jika semacam itu jangan dipending lebih baiknya langsung tepikan kendaraan. Sebab bila diteruskan, kehancuran kendaraan dapat makin kronis. 

Sebetulnya, benar-benar disarankan untuk pengemudi langsung menyampingkan kendaraan saat sinyal pertama telah ada AC mati. 

Kerjakan Ini 

Saat sinyal overheat mulai ada, ada langkah-langkah yang butuh dikerjakan, mencuplik tips Indonesia Mari Aman Berlalu Lintas terbitan Korlantas Polri serta Astra International. Tersebut detailnya. 
  • Tepikan kendaraan serta parkirkan dalam tempat yang aman. 
  • Tarik rem parkir serta matikan mesin mobil. 
  • Jika keluar asap dari antara kap mesin, jangan langsung buka. Nantikan sampai uap berkurang. 
  • Sesudah mesin dingin check radiator. Bila ketinggian air radiator dibawah garis minimal, hidupkan mesin lalu imbuhkan air sampai batas maximum 
  • Cek kipas pendingin radiator, jika tidak berperan serta temperatur masih panas selekasnya hubungi bengkel paling dekat.

Tanda-tanda Mobil Overheat yang Mesti Diketahui