Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Jakarta Pusat: Mengenal Tentang Penyakit Gagal Jantung


Gagal jantung merupakan kondisi otot jantung menjadi lemah sehingga tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Saat ini terdapat empat jenis gagal jantung yaitu gagal jantung sebelah kiri dimana ventrikel kiri tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, gagal jantung sebelah kanan dimana kerusakan pada ventrikel kanan jantung menyebabkan proses pengambilan oksigen dalam paru-paru. Ada juga gagal jantung sistolik dimana otot jantung tidak dapat berkontraksi dan gagal jantung diastolik yang perlu dikonsultasikan di dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Jakarta Pusat

Berikut adalah masalah-masalah kesehatan pemicu gagal jantung diantaranya: 
  • Hipertensi, jika tekanan darah tinggi dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh dan otomatis otot jantung menambah dan mengimbangi kinerja yang meningkat. Jika berlangsung jantung akan terbebani dan tidak kuat memompa secara efektif. 
  • Penyakit jantung koroner dan serangan jantung, kondisi ini membuat pasokan darah dan oksigen ke jantung menurun akibat menyempitnya arteri oleh tumpukan lemak. Serangan jantung dapat membuat daya pompa jantung melemah atau bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada dinding otot jantung. 
  • Kardiomiopati atau kerusakan pada otot jantung, dengan beberapa faktor meningkatkan resiko seseorang mengalami kardiomiopati diantaranya adalah genetik atau keturunan, penggunaan obat-obatan kemotrapi, penyalahgunaan narkoba, kecanduan alkohol dan infeksi. 
  • Miokarditis atau radang otot jantung, penyakit ini berkembang dan mengarah pada gagal jantung kiri dan penyebabnya adalah infeksi virus. 
Selain itu, kerusakan katup jantung membuat aliran darah menjadi terganggu dan mengakibatkan adanya peningkatan beban kerja pada otot jantung. Gangguan ritme jantung yang menyebabkan ritme atau detak jantung menjadi terlalu lambat dan terlalu cepat. Ritem yang terlalu lambat akan mengurangi pasokan darah dari jantung ke tubuh dan ritem yang terlalu cepat dapat membuat jantung bekerja terlalu keras dan kondisi ini penyebab utama mengarah pada gagal jantung. Dapat juga dipicu oleh hipertioridisme, anemia, diabetes dan cacat jantung sejak lahir. 

Berikut adalah rutinitas sehat untuk penderita jantung diantaranya: 
  • Mewaspadai gejala setiap hari, beberapa gejala yang diperhatikan adalah kesulitan bernapas, tangan atau kaki membengkak hingga batuk dan dapat dibicarakan dengan dokter jika pasien menemukan suatu perubahan yang baru. 
  • Aktif bergerak, pola hidup aktif dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah bahkan berat badan berlebih. Setidaknya bergerak 30 menit per hari sebanyak lima hari per minggu dengan berjalan kaki, bersepeda maupun berenang. 
  • Mengontrol tekanan darah, upayakan mencapai target tekanan darah sesuai saran dokter dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. 
  • Pantau cairan, tidak hanya sekedar minum air putih tetapi juga es krim dan disarankan untuk menimbang berat badan dan kenaikan berat badan menjadi tanda adanya penumpukan cairan. 
Penderita gagal jantung juga perlu mengadopsi pola makan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Porsi sayur dan buah sebaiknya memenuhi setengah bagian dari piring setiap kali makan. Penderita juga perlu mengawasi asupan sodium dapat membuat tubuh menahan cairan sehingga memicu terjadinya peningkatan tekanan darah. 

Untuk penderita gagal jantung, maka perlu menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging kambing, jeroan hewan, makanan laut, daging bebek, kerang dan makanan lainnya. Melakukan medical checkup akan membantu menjaga kesehatan jantung selain mengonsumsi makanan sehat dengan konsultasi kesehatan di dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Jakarta Pusat yang berada di seluruh rumah sakit di Jakarta Pusat. 

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Jakarta Pusat: Mengenal Tentang Penyakit Gagal Jantung