Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Menghindari Coronavirus

Berikut-Hal-yang-Tidak-Boleh-Dilakukan-untuk-Menghindari-Coronavirus

Disaat genting seperti sekarang ini yang semua orang membahas mengenai virus corona maka Anda pastinya sudah membekali diri dengan berbagai pengetahuan yang dapat untuk menghindari virus ini. Sehingga hal seperti harus mencuci tangan dengan bersih, berada di rumah bahkan juga kerja dari rumah, menggunakan hand sanitizer, dan juga melakukan social distancing adalah pengetahuan umum yang sudah diketahui. Selain dari cara-cara yang harus dilakukan untuk menghindari agar tidak terkena coronavirus seperti yang sudah disebutkan. Anda juga bisa untuk menghindari virus ini dengan cara mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan dan akan lebih baik untuk menghindarinya. Sehingga hal ini juga akan membuat kesempatan untuk terkena virus corona lebih kecil. Adapun beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci

Salah satu hal yang juga sudah banyak diketahui agar tidak terjangkit virus corona adalah dengan tidak menyentuh bagian wajah. Hindari untuk menyentuh area hidung, mata, dan juga mulut dengan tangan Anda yang belum dicuci. Oleh karena itulah apabila Anda sudah menyentuh barang yang biasanya digunakan maka bisa untuk mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Sehingga ketika menyentuh wajah tidak menularkan virus karena tangan Anda yang sudah bersih dengan cuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer.

2. Mengenakan masker saat sehat

Banyak orang tentunya mengetahui bahwa menggunakan masker merupakan salah satu cara pencegahan penularan virus corona. Akan tetapi menggunakan masker tersebut hanya boleh dilakukan untuk orang yang sedang sakit dan menunjukkan gejala virus corona. Sehingga misalnya ketika batuk tidak akan menularkannya kepada orang lain. Menurut Menteri Kesehatan RI, WHO, dan juga CDC masker cukup digunakan untuk orang yang sakit. Sedangkan di Amerika Serikat sendiri orang sehat dilarang menggunakan masker karena tidak dapat melindungi dari virus terbaru ini. Bahkan apabila menggunakan masker yang tidak dipakai secara benar juga akan meningkatkan resiko infeksi. Oleh karena itulah bisa untuk memprioritaskan untuk memberikan masker kepada mereka yang lebih rentan terserang corona.

3. Bepergian saat sakit

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilakukan adalah bepergian saat sakit. Apabila sudah mengalami gejala seperti demam, flu, dan juga batuk maka sebaiknya menghindari untuk bepergian. Anda bisa untuk melakukan isolasi di rumah setidaknya 14 minggu sampai keadaan menjadi lebih baik. Sehingga apabila sehat maka bisa beraktivitas seperti semula akan tetapi apabila keadaan menjadi lebih buruk maka sebaiknya segera mencari pertolongan ke petugas kesehatan. Apabila sangat terpaksa untuk bepergian juga usahakan untuk menggunakan masker agar menghindari penularan sakit ke orang lain.

4. Panik

Hal lainnya yang penting untuk dilakukan saat seperti ini adalah dengan tidak panik. Masyarakat sebaiknya waspada dengan melakukan pencegahan yang bisa dilakukan. Akan tetapi ketika waspada tersebut tidak perlu untuk merasa panik menghadapi virus ini. Karena semua lini sedang berusaha untuk menanggulangi virus ini. Sehingga Anda tidak perlu panik karena justru akan membuat stress dan membuat kekebalan tubuh menurun.

5. Minum antibiotik

Hal terakhir yang merupakan sesuatu yang sebaiknya tidak dilakukan adalah minum antibiotik. Apabila orang sakit tentunya akan mengkonsumsi obat yang mudah dan murah ini. Akan tetapi Anda mempunyai gejala yang mengarah ke coronavirus maka sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi obat ini karena hanya mampu untuk membunuh bakteri bukan virus corona.

Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Menghindari Coronavirus