Sebelum Konsumsi Multivitamin, Kenali Dahulu Manfaatnya Bagi Tubuh Bersama SehatQ



Kondisi imun tubuh manusia terkadang menurun karena banyaknya aktivitas yang dilakukan tidak berimbang dengan kepedulian si pemilik diri untuk menjaga kesehatannya. Di saat seperti inilah, tubuh perlu mengonsumsi multivitamin terbaik.

Multivitamin bisa dikemas dalam bentuk kapsul, tablet, atau serbuk minuman. Namun, banyak juga yang menyediakannya dalam bentuk cair dalam botol sehingga bisa lebih mudah dikonsumsi.

Multivitamin diperlukan bagi tubuh yang tidak mendapatkan vitamin dan mineral lengkap dari konsumsi makanan. Multivitamin bisa dikonsumsi oleh bayi, anak kecil, orang dewasa, hingga manula. Akan tetapi, dosis dan kandungan di dalamnya akan disesuaikan dengan usia penggunanya.

Manfaat Mengonsumsi Multivitamin Secara Rutin

Mengonsumsi multivitamin tanpa benar-benar tahu apa fungsi dan manfaatnya bagi tubuh merupakan hal yang patut disayangkan. Karena pada dasarnya, Anda harus tahu apa kandungan dari makanan, obat, serta multivitamin yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, tidak ada kata terlambat untuk mencari tahu apa saja manfaat dari multivitamin terbaik yang saat ini Anda konsumsi setiap hari. Ini dia beberapa manfaat dan fungsi dari multivitamin yang sering Anda konsumsi:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi multivitamin setiap hari sesuai dosis yang dianjurkan akan membantu mengurangi atau memperlambat perkembangan penyakit gangguan mata yang dapat terjadi akibat usia. Seperti penurunan penglihatan, katarak, dan degenerasi makula.

2. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Usia yang bertambah atau keadaan tertentu dapat menyebabkan daya ingat seseorang berkurang. Bukan hanya daya ingat, tapi juga dapat mengurangi fungsi otak lainnya. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi multivitamin setiap hari, terutama jenis multivitamin untuk meningkatkan fungsi otak.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi multivitamin juga sangat baik untuk jantung. Menurut penelitian konsumsi multivitamin yang tepat dan dalam jumlah sesuai dapat membantu menghindarkan penggunanya dari risiko penyakit mematikan satu ini.

Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi multivitamin dengan tujuan pencegahan terhadap penyakit jantung, maka perlu mengonsultasikannya dulu dengan dokter mengenai jenis multivitamin yang sesuai. Jangan sampai mengonsumsi multivitamin malah memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda.

4. Mencegah Kanker

Penyakit kanker bisa terjadi pada siapa saja, tapi semua orang juga punya kesempatan untuk mencegahnya. Mengonsumsi multivitamin juga punya fungsi untuk menurunkan risiko penggunanya terkena penyakit kanker.

Akan tetapi, konsumsi yang berlebihan juga tidak akan baik. Karena bukannya membantu menurunkan risiko kanker, malah justru akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit tersebut. Jadi, konsumsilah multivitamin secukupnya.

5. Menghindari Kelainan pada Bayi

Salah satu kelompok orang yang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin adalah ibu hamil. Biasanya dokter maupun bidan selalu memberikan multivitamin bagi ibu hamil yang mengandung asam folat dan berbagai vitamin lainnya. Kandungan dalam multivitamin ini dapat membantu menghindarkan kelainan pada bayi, karena nutrisi yang kurang.

6. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Lansia juga masuk dalam kelompok yang dianjurkan mengonsumsi multivitamin. Terutama multivitamin yang mengandung vitamin D untuk memperkuat tulang. Sebab pada usia lanjut, seseorang sangat rentan mengalami osteoporosis.

Berbagai manfaat mengonsumsi multivitamin ini memang berdampak positif bagi tubuh. Akan tetapi, untuk penggunaan rutin tidak ada salahnya apabila Anda mengkonsultasikan dahulu dengan dokter.

Selain itu, banyak-banyaklah mencari informasi mengenai multivitamin terbaik. Saat ini sudah banyak portal kesehatan di internet yang bisa Anda jadikan tujuan. SehatQ salah satu situs yang menyajikan banyak informasi kesehatan. Mulai dari informasi penyakit, obat-obatan, hingga tips menjaga kesehatan. Selain itu, juga ada review produk kesehatan berkualitas.

Sebelum Konsumsi Multivitamin, Kenali Dahulu Manfaatnya Bagi Tubuh Bersama SehatQ