Kenali 7 Tanda Mobil Transmisi Matic Bermasalah


Mobil SUV disukai pengemudi yang lebih memilih desain mobil lebih tinggi dibandingkan dengan mobil MPV. Selain itu, ketangguhan mobil SUV yang mampu melibas segala medan berat menjadi fokus perhatian. Anda yang suka berkendara ke luar kota untuk urusan bisnis atau liburan, pastikan memilih mobil Pajero Sport dari pabrikan Mitsubishi yang terkenal. Tidak hanya desain yang kokoh saja, Anda bisa menikmati segala fitur yang lebih unggul dari varian SUV premium pada sistem manual atau otomatis

Tanda transmisi mobil matic bermasalah

Pajero Sport memiliki beberapa jenis mobil yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, misalnya Pajero Sport Dakar, Pajero Sport Exceed, Pajero Sport GLS, dan lain-lain. Mau pilih transmisi matic atau manual dengan bahan bakar bensin atau jenis solar, sah-sah saja. Namun, Anda harus tahu tanda transmisi matic mobil mulai bermasalah berikut :

1. Tidak mampu merespons dengan baik

Mobil transmisi otomatis memang lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mobil manual, tetapi Anda harus segera melakukan servis bila pedal gas bermasalah. Bila pedal gas Anda injak, mobil melaju dengan lambat bisa disebabkan oleh kinerja body valve melemah.

2. Suara dengungan berubah

Suara dengungan mesin tidak normal bisa dideteksi dari suara mesin yang menderu berubah seperti ketukan benda tumpul beradu. Hal ini dikarenakan dorongan oli kurang kuat sehingga terjadi benturan piranti transmisi tersebut.

3. Kebocoran cairan transmisi

Penyebab kerusakan yang acap terjadi pada mobil otomatis adalah kebocoran cairan transmisi kendaraan. Anda harus rajin mengecek cairan transmisi yang baik yaitu berwarna merah terang, bersih dan punya aroma manis, sedangkan cairan oli berubah gelap dan bau terbakar menjadi tanda perlu segera mengganti pelumas mobil.

4. Getaran tidak normal

Penyebab kerusakan lain yang wajib Anda ketahui adalah mobil terasa bergetar dan menyebabkan ketidaknyamanan berkendara. Hal ini bisa disebabkan oleh kampas kopling mulai aus dan harus segera dibawa ke bengkel Mitsubishi terdekat.

5. Muncul bau oli terbakar

Bau oli yang terbakar bisa menjadi tanda overheat yang harus segera ditangani. Mesin yang overheat bisa menyebabkan kendaraan menjadi rusak dan perlu perbaikan yang lebih serius. Selalu cek bagian oli untuk mengetahui adanya risiko kebocoran atau pelumas sudah kotor dan harus diganti secepat mungkin.

6. Indikator check engine menyala

Bila indikator check engine terus menyala, maka Anda harus tahu penyebab kerusakan komponen lain yang bisa menjadi pengingat awal kerusakan sistem kerja transmisi.

7. Susah pindah gear

Komponen yang sudah aus bisa menjadi penyebab Anda susah memindahkan gear netral ke gear 1. Bisa pula ada kondisi kerusakan mobil matic yang lain berupa gear slip atau bisa berpindah gear sendiri atau pindah ke posisi netral.

Segera lakukan perbaikan sebab perpindahan secara mendadak yang tidak bisa dikontrol bisa berdampak pada risiko kecelakaan atau ketidakstabilan berkendara. Kehilangan kendali saat Anda berkendara di jalan raya dengan kecepatan tinggi sangat berbahaya, bukan?

Selain beberapa masalah kerusakan mobil matic di atas, Anda juga harus segera melakukan servis bila mobil mengeluarkan suara berisik pada posisi netral. Segera bawa Pajero Sport Anda ke bengkel Mitsubishi yang kredibel agar mendapat layanan perbaikan lebih optimal. Bila perlu penggantian komponen, gunakan suku cadang asli Mitsubishi guna mendukung perawatan komponen mobil yang lebih prima. Punya mobil matic yang nyaman digunakan bisa meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya, lho!

Kenali 7 Tanda Mobil Transmisi Matic Bermasalah