5 Tips Perawatan Jaket Anak agar Selalu Awet Berkualitas


Jaket merupakan jenis baju anak yang sangat dibutuhkan apalagi saat kondisi cuaca dingin. Anda sangat disarankan untuk memilih produk jaket anak perempuan maupun laki-laki yang berkualitas agar awet digunakan. Selain memilih produk berkualitas, Anda juga harus merawat jaket tersebut dengan cara yang tepat. Perawatan yang tepat akan membuat jaket selalu awet berkualitas.

Merawat Jaket Anak

Sebenarnya hampir sama seperti baju-baju anak lainnya, jaket membutuhkan metode perawatan yang tepat. Namun karena jaket cenderung lebih tebal dan biasanya memiliki banyak detail maka dibutuhkan teknik perawatan yang tidak sama. Berikut adalah beberapa tips perawatan jaket anak agar kualitasnya tahan lama:

1. Rawat Sesuai Bahan

Teknik perawatan yang tepat harus disesuaikan jenis bahan jaket yang dipakai. Tentu setiap jenis bahan akan membutuhkan metode perawatan yang berbeda. Misalnya untuk jenis jaket yang memakai jenis material fleece. Sangat disarankan untuk mencucinya tanpa menggunakan mesin alias cuci manual.

Sementara itu untuk jenis jaket anak berbahan kulit juga butuh teknik perawatan yang berbeda. Jaket kulit disarankan dicuci tanpa mesin dan sebaiknya malah dilakukan metode pencucian dry cleaning. Jadi sekali lagi silakan sesuaikan metode perawatan dengan bahan jaket. Biasanya di jaket sudah terdapat label petunjuk perawatan sesuai jenis bahannya.

2. Cuci Terpisah

Sangat disarankan untuk memisahkan jaket dengan jenis baju lainnya ketika dicuci. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi insiden kelunturan. Apabila jaket sudah dicuci berulang kali dan tidak terjadi luntur, maka tetap pisahkan jaket tersebut. Cucilah jaket bersama dengan baju-baju lain yang warnanya sama dengan jaket tersebut.

3. Gunakan Detergen Khusus

Saat mencuci pakaian anak, disarankan untuk memakai jenis detergen khusus. Ada produk detergen yang memang diformulasikan untuk pakaian anak. Baju anak cenderung menggunakan bahan yang sifatnya lembut sehingga butuh produk detergen yang lembut pula.

Untuk jenis jaket anak perempuan yang menggunakan bahan atau aksen bulu-bulu lembut juga biasanya sangat disarankan dicuci dengan detergen khusus. Produk detergen ini akan membantu menjaga kualitas bahan jaket. Selain itu biasanya detergen seperti ini juga sudah diformulasikan dengan antibakteri yang akan melindungi anak Anda.

4. Hindari Mesin Pengering

Pencucian jaket sangat disarankan untuk dilakukan secara manual. Jika memang ingin menggunakan mesin, maka pastikan mesin bekerja dengan putaran yang lembut atau ringan. Namun, sangat tidak disarankan untuk memakai mesin pengering. Sebaiknya diperas secara manual dan dikeringkan lewat proses penjemuran biasa.

5. Jemur dengan Tepat

Selain pencucian, proses penjemuran jaket juga perlu diperhatikan. Pastikan jaket dijemur dengan tepat untuk membantu proses pengeringannya berjalan optimal. Tidak disarankan menjemur jaket langsung di bawah sinar matahari. Apalagi jika jaket dijemur terlalu lama di bawah matahari. Hal ini dapat merusak kualitas jaket dan membuatnya menjadi lebih kaku.

Selain merusak kualitas bahan, penjemuran di bawah sinar matahari langsung juga akan merusak warna jaket. Warna jaket akan menjadi pudar akibat sinar matahari yang langsung mengenai bahan jaket dalam jangka waktu lama. Sebaiknya jemur jaket di tempat yang teduh. Jika terpapar sinar matahari langsung maka pastikan tidak terlalu lama demi menjaga kualitasnya.

Itulah tadi beberapa tips perawatan jaket anak perempuan dan laki-laki. Jika produk jaketnya sudah berkualitas dan teknik perawatannya tepat, maka jaket sudah pasti akan awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lama. Pilihlah ukuran jaket yang tidak terlalu kecil agar bisa lebih lama dipakai meskipun tubuh si kecil bertambah besar.

5 Tips Perawatan Jaket Anak agar Selalu Awet Berkualitas