Tips Berkendara Saat Pandemi Covid-19 dengan Aman dan Nyaman

Sumber: pixabay.com

Wabah pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Hal inilah yang membuat kita merasa khawatir jika harus keluar rumah untuk bepergian. Apalagi dengan adanya kebijakan pemerintah yang melakukan pembatasan terhadap jumlah kendaraan yang boleh beroperasi, termasuk truk common rail. Biarpun truk common rail menghasilkan emisi yang lebih dikit dibandingakan kendaraan lain.

Truk-truk yang mengangkut barang-barang kebutuhan primer masyarakat memang masih boleh beroperasi. Meskipun berbagai tips berkendara saat pandemi sudah pemerintah buat, namun rasa khawatir dan takut itu masih tetap ada.

Namun, tentunya Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan anjuran dari pemerintah. Untuk Anda yang harus bepergian, berikut adalah beberapa tips berkendara saat pandemi yang aman dan nyaman serta wajib Anda patuhi.

4 Tips Berkendara Saat Pandemi yang Aman dan Nyaman

Berikut adalah 4 tips berkendara saat pandemi yang wajib Anda patuhi untuk menjaga keamanan dan meminimalisir resiko penularan virus Covid-19.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit dan Sehat

Sebelum berkendara, Anda harus memastikan bahwa tubuh dalam kondisi yang fit dan sehat. Virus Covid-19 akan lebih mudah menyerang tubuh yang kelelahan dan imunitasnya rendah. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dan sehat.

Apabila dirasa kurang enak badan atau merasakan gejala flu ringan, sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu. Meski Anda sudah menghindari kontak fisik, namun virus masih bisa menyerang saat kondisi tubuh sedang tidak baik.

2. Selalu Gunakan Masker Saat Berkendara

Saat ini pemerintah sudah memberikan anjuran kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan double masker. Masker medis untuk lapisan pertama dan masker kain untuk lapisan kedua. Peraturan ini tentunya harus Anda patuhi, terutama saat berkendara.

Selain meminimalisir penularan virus Covid-19, menggunakan masker juga dapat melindungi Anda dari debu dan polusi yang masuk ke paru-paru. Jadi, selalu patuhi protokol kesehatan, ya.

3. Sediakan Hand Sanitizer di Tas atau Tempat yang Mudah Dijangkau

Hand sanitizer adalah perlengkapan yang wajib dibawa saat pandemi Covid-19, termasuk saat Anda akan berkendara. Menggunakan hand sanitizer juga menjadi cara untuk meminimalisir resiko penularan virus Covid-19 dan menjaga agar tangan Anda tetap bersih.

4. Selalu Menjaga Jarak Aman dengan Pengendara Lainnya

Meski tips berkendara yang satu ini tampak sulit untuk dilakukan, namun Anda bisa melakukannya jika dalam kondisi yang memungkinkan. Pemerintah sendiri sudah menetapkan aturan jarak aman sekitar satu meter.

Agar terhindar dari kemacetan yang membuat Anda tidak bisa menjaga jarak aman, maka sebaiknya pilih jalanan yang sepi atau berangkat pada jam yang lebih awal.

Itulah keempat tips berkendara saat pandemi yang wajib Anda patuhi selama wabah Covid-19 masih ada di sekeliling kita. Tetap patuhi protokol kesehatan dan sebaiknya tidak perlu keluar rumah jika bukan untuk kepentingan mendesak.

Tips Berkendara Saat Pandemi Covid-19 dengan Aman dan Nyaman