5 Kiat Memilih Mainan Boneka untuk Anak Perempuan


Tidak ada aturan permainan yang membatasi gender, tetapi anak perempuan identik dengan mainan boneka, sedangkan anak laki-laki lebih memilih mainan yang membutuhkan gerak fisik. Tak heran kalau banyak mainan boneka di pasaran yang memiliki ragam bentuk kesukaan anak perempuan. Mainan Barbie menjadi salah satu boneka favorit anak perempuan dengan bentuk tubuh, pakaian dan aksesoris yang beragam.

Tips memilih boneka untuk anak perempuan

Di pasaran, ada banyak model boneka untuk anak perempuan atau bisa dimainkan anak laki-laki pun. Bila Anda ingin memberikan hadiah boneka untuk anak perempuan, maka simak beberapa tips memilih boneka yang tepat berikut :

1. Perhatikan material

Material boneka merupakan hal paling vital yang harus Anda perhatikan, apalagi Anda memiliki anak perempuan yang berusia di bawah tiga tahun. Pastikan material boneka terbuat dari bahan yang berstandar SNI atau tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hindari bahan plastik PVC yang berbahaya untuk anak-anak bila tertelan atau memiliki kulit sensitif yang rentan alami alergi.

2. Memilih ukuran boneka yang pas

Bila anak masih kecil dengan pertumbuhan tubuh yang mungil, sebaiknya pilih boneka Barbie yang berukuran kecil. Jangan memilih boneka yang terlalu besar sehingga anak-anak merasa takut atau kesulitan memainkannya.

3. Sesuaikan dengan umur sang anak

Seiring perkembangan usia, anak-anak memiliki pertumbuhan kecerdasan yang baik. Ada baiknya Anda membelikan boneka yang sesuai dengan masa mereka, misalnya anak lebih kecil akan suka mainan berbentuk hewan atau boneka manusia untuk membantu pengenalan objek. Bisa juga mengenalkan profesi lewat permainan boneka bersama dengan orang tuas.

Anak-anak perempuan yang sudah besar di atas lima tahun lebih suka dengan model Barbie yang dilengkapi pakaian dan aksesoris trendi. Biasanya anak-anak menyukai bentuk boneka yang modis dengan warna pakaian kesukaan mereka.

4. Memilih perlengkapan mainan

Selain boneka Barbie saja, Anda bisa memilih set perlengkapan lain yang mendukung permainan tersebut. Anda bisa memilih jenis mainan yang dilengkapi dengan rumah-rumahan, aksesoris, sepatu, tas, dan lain-lain.

Biarkan si kecil bereksplorasi dengan mainan yang bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka saat bermain peran bersama orang tua atau teman. Bermain peran bisa membantu si kecil lebih mudah komunikasi, mengenal bahasa dan memahami peran atau profesi karakter boneka tertentu.

5. Harga

Selain beberapa kiat memilih boneka di atas, Anda harus memilih harga boneka yang sesuai dengan kondisi kantong. Harga mainan yang orisinal bisa lebih mahal, tetapi menjamin kualitas produk yang bagus dari segi material, kerapian pembuatan dan ketahanan mainan tersebut. Harga yang kompetitif lebih disarankan dibandingkan Anda memilih harga murah tetapi tidak tahan lama.

Jangan tergoda membeli mainan dengan harga murah yang tidak menjamin material bebas dari bahan kimia berbahaya. Bila beli mainan di toko online, pastikan mengecek testimoni pelanggan lama agar Anda bisa mendapatkan rekam jejak pembelian yang bagus. Produk akan dikirim langsung ke rumah sehingga si kecil akan bahagia mendapatkan paket hadiah dari kurir terpercaya.

Kini Anda bisa memilih jenis mainan Barbie untuk anak perempuan tersayang di rumah. Tinggal pilih model boneka Barbie yang disukai si kecil, misalnya Barbie yang memiliki rambut pirang atau rambut hitam, mau yang rambut lurus atau keriting dan lain-lain. Yuk, ajak si kecil memilih sendiri hadiah boneka yang ia inginkan sebagai hadiah ulang tahun, hadiah kenaikan kelas atau sekadar mainan untuk hiburan waktu luang mereka!

5 Kiat Memilih Mainan Boneka untuk Anak Perempuan